In-depth

Federico Gatti: Mantan Kuli yang Jadi Pahlawan Juventus di Liga Europa

Jumat, 14 April 2023 16:10 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© REUTERS/Massimo Pinca
Bek Juventus, Federico Gatti usai mencetak gol di Liga Europa kontra Sporting CP.(Foto: REUTERS/Massimo Pinca) Copyright: © REUTERS/Massimo Pinca
Bek Juventus, Federico Gatti usai mencetak gol di Liga Europa kontra Sporting CP.(Foto: REUTERS/Massimo Pinca)

INDOSPORT.COM – Kisah Federico Gatti, dari seorang mantan kuli bangunan yang kini menjadi pahlawan kemenangan Juventus di Liga Europa 2022/23.

Bek berusia 24 tahun itu menjadi perbincangan usai satu golnya memastikan kemenangan Juventus atas Sporting CP di leg pertama perempatfinal Liga Europa 2022/23, Jumat (14/04/23).

Bertanding di markasnya sendiri, Juventus kerap mendapat ancaman dari wakil Portugal itu sejak babak pertama hingga awal babak kedua.

Namun peluang-peluang dari tim tamu belum bisa menjebol gawang tim berjuluk Bianconeri itu karena penampilan apik barisan pertahanannya.

Malahan, Juventus mampu memanfaatkan kelengahan pertahanan Sporting CP, sehingga mampu mencetak gol di menit ke-73.

Pencetak gol Juventus tersebut adalag Federico Gatti yang berhasil mengoyak jala Sporting CP dengan sontekan dari jarak dekat memanfaatkan bola Rebound hasil tandukan Dusan Vlahovic.

Usai gol tersebut, Juventus pun fokus bertahan. Sedangkan tim tamu terus menyerang dan menciptakan berbagai peluang untuk mencari gol penyama kedudukan.

Hingga laga usai, barisan pertahanan Juventus mampu meredam agresivitas Sporting CP, sehingga berhasil mempertahankan keunggulan 1-0 di leg pertama.

Berkat kemenangan itu, Juventus pun punya modal berharga untuk bisa lolos ke semifinal Liga Europa 2022/23. Bianconeri pun hanya perlu bermain imbang di leg kedua nanti.

Kemenangan Juventus atas Sporting CP ini tak lepas dari kontribusi Federico Gatti, yang jadi penentu berkat golnya dan aksi bertahannya sepanjang pertandingan.