In-depth

Perbandingan Karier Javier Roca dan Joko Susilo di Liga 1, Siapa Lebih Unggul?

Rabu, 19 April 2023 17:05 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Indra Citra Sena
© Ian Setiawan/INDOSPORT
Javier Roca saat memimpin latihan Arema FC. Copyright: © Ian Setiawan/INDOSPORT
Javier Roca saat memimpin latihan Arema FC.

INDOSPORT.COM - Liga 1 Indonesia bukan hanya menawarkan sisi menarik dalam hal persaingan antar tim, namun juga perjalanan karier seorang pelatih yang menangani dua tim berbeda.

Singgungan karier itu dialami oleh dua pelatih berlevel top di Tanah Air, yakni Joko Susilo dan juru taktik berpaspor Chile, Javier Roca.

Kebetulan, kedua pelatih tersebut pernah sama-sama menukangi Persik Kediri, serta punya pengalaman pula menangani tim elite seperti Arema FC.

Semua itu berawal dari dimulainya Liga 1 2021-2022, ketika berjalan di tengah masa pandemi covid-19 dengan sistem bubble. Persik semula ditangani Joko Susilo dan membangun pondasi kekuatan dengan materi keren seperti Youssef Ezzejarri dan Dionathan Machado.

Sayang, kariernya tak berumur panjang. Joko Susilo didepak usai mengawal Persik dalam enam laga pembuka Liga 1 2021-2022. Kursi kepelatihan untuk sementara diduduki Alfiat.

Setelah lima laga dipegang caretaker, Persik Kediri akhirnya menunjuk Javier Roca. Dia lantas merampungkan tugasnya selama 23 laga hingga akhir musim.

Setahun berlalu, cerita lantas berbalik. Javier Roca yang hanya tiga laga memimpin Persik, didatangkan Arema FC untuk menggantikan Eduardo Almeida setelah delapan laga kompetisi.

Sayangnya, perjalanan karier Roca juga tak mulus. Beragam dinamika seperti Tragedi Kanjuruhan hingga lima kekalahan beruntun membuatnya terpental.

I Putu Gede lantas menggantinya dalam lima laga setelah 12 laga Arema FC bersama Roca. Joko Susilo kemudian menyelesaikan tugas dalam enam laga di Arema.