In-depth

Cerita 3 Pemain Asing yang Jadi Mualaf Saat Berkarier di Indonesia

Sabtu, 22 April 2023 17:45 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© persibdanbandung.blogspot.com/Eli Suhaeli/INDOSPORT
Terdapat sejumlah pemain sepak bola asing yang memutuskan memeluk agama islam alias mualaf saat berkarier di Liga Indonesia. Copyright: © persibdanbandung.blogspot.com/Eli Suhaeli/INDOSPORT
Terdapat sejumlah pemain sepak bola asing yang memutuskan memeluk agama islam alias mualaf saat berkarier di Liga Indonesia.

INDOSPORT.COM - Terdapat sejumlah pemain sepak bola asing yang memutuskan memeluk agama islam alias mualaf saat berkarier di Liga Indonesia.

Bukan rahasia lagi jika Indonsia merupakan negara muslim terbesar di dunia. Survei The Pew Forum on Religion & Public Life bahkan mencatat 12,7 persen populasi dunia adalah umat muslim di Tanah Air.

Kondisi tersebut tak heran membuat ajaran-ajaran Islam yang tertuang dalam Al-Quran begitu kental dalam berbagai tatak kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia. 

Efeknya, hampir seluruh aspek kehidupan di Tanah Air punya nuansa Islam kental, tak terkecuali merambah ke dunia olahraga, lebih spesifik lagi sepak bola.

Ketaatan sejumlah pesepakbola muslim Tanah Air menjalankan ajaran Islam, seperti menjalankan salat lima waktu dan tetap berpuasa meski bertanding, membuat ajaran Islam bisa berjalan beriringan dengan profesi pesepakbola.

Menariknya, kondisi tersebut bisa memberi pengaruh pada perjalanan religius pesepakbola asing yang berkesempatan merumput di Indonesia

Pengalaman-pengalaman mereka tersebut pun membuat mereka pada akhirnya mantap mengucapkan dua kalimat syahadat dan memutuskan menjadi seorang muslim.

Masing-masing dari mereka pun mempunyai alasan yang berbeda untuk memilih melepas kepercayaan lamanya dan beralih menjadi seorang muslim. 

Ada yang karena merasa damai melihat rekan-rekan satu timnya saat hendak berangkat salat berjamaah, hingga karena memang sudah sejak lama ingin memeluk agama Islam.