Bursa Transfer

Malah Dipanggil Wamil Korea Selatan Musim Depan, Kim Min-jae Terancam Batal ke Man United

Sabtu, 29 April 2023 21:46 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© Reuters/Ciro De Luca
Bek incaran Manchester United di bursa transfer musim panas mendatang, Kim Min-jae, dilaporkan akan menjalani wajib militer begitu kompetisi 2022/2023 berakhir. Copyright: © Reuters/Ciro De Luca
Bek incaran Manchester United di bursa transfer musim panas mendatang, Kim Min-jae, dilaporkan akan menjalani wajib militer begitu kompetisi 2022/2023 berakhir.

INDOSPORT.COM - Bek incaran Manchester United di bursa transfer musim panas mendatang, Kim Min-jae, dilaporkan akan menjalani wajib militer begitu kompetisi 2022/2023 berakhir.

Sebagai warga negara Korea Selatan, itu memang sudah jadi kewajiban bagi bintang 26 tahun milik Napoli tersebut.

Belum ada pernyataan resmi dari pihak Partenopei maupun Kim sendiri mengenai hal ini namun CalcioNapoli24 mengabarkan demikian pada Sabtu (29/04/23).

Wajib militer atau yang biasa disebut sebagai wamil adalah mandat pemerintah Korsel pada tiap warga prianya yang berusia 18 sampai 35 tahun.

Hal ini dilakukan untuk memperkuat pertahanan negara dan barang siapa yang berani menolak tanpa alasan jelas, maka akan dijatuhi hukuman berat dari mulai penjara hingga sanksi sosial.

Kewajiban ini juga dibebankan pada pemain sepakbola Korsel baik yang berkarier di dalam maupun luar negeri yang biasanya punya ikatan kontrak yang kuat dengan klub mereka.

Untuk mensiasati hal itu, pemerintah Korsel pun memberikan sejumlah keringanan yakni dengan melonggarkan waktu bagi mereka untuk menjalani wamil alias tidak terikat dengan surat panggilan resmi.

Apalagi Kim Min-jae adalah bagian dari skuad Korea Selatan yang sukses meraih medali emas ajang Asian Games 2018 lalu di Indonesia sehingga dianggap pahlawan negara.

Skuad Taeguk Warriors angkat itu pun mendapatkan 'hadiah' tambahan dengan diizinkan untuk tidak ikut wamil namun tetap diperbolehkan untuk berpartisipasi.

Sebagai warga negara yang baik, Kim mungkin memilih untuk tetap terjun berlatih menghadapi kemungkinan konflik dengan negara lain di masa depan. Bintang Tottenham Hotspur sekaligus kapten Korsel, Son Heung-min, juga melakukan hal yang sama pada 2021 silam.