In-depth

Marcelo Rospide, Pelatih Anyar Persik Kediri yang Cukup Terkenal di Brasil

Selasa, 2 Mei 2023 06:30 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© instagram@rospide_treinador
Teka-teki perihal siapa pengganti Divaldo Alves sebagai head coach di Persik Kediri akhirnya menemui titik terang, seiring penunjukan Marcelo Rospide. Copyright: © instagram@rospide_treinador
Teka-teki perihal siapa pengganti Divaldo Alves sebagai head coach di Persik Kediri akhirnya menemui titik terang, seiring penunjukan Marcelo Rospide.

INDOSPORT.COM - Teka-teki perihal siapa pengganti Divaldo Alves sebagai head coach di Persik Kediri akhirnya menemui titik terang, seiring penunjukan Marcelo Rospide pada Senin (01/05/23).

Pelatih kelahiran Porto-Alegre Brasil yang kini berusia 52 tahun itu memang tidak setenar Luiz Felipe Scolari ataupun Dunga di kompetisi sepak bola Brasil.

Namun dalam dua dekade terakhir, namanya cukup terkenal di kompetisi kasta tertinggi Brasil. Tiga tim Serie A pernah dibesutnya sejak 2009 silam.

Kini, Marcelo Rospide bersiap membuka lembaran baru dalam perjalanan karir melatih. Terutama di kompetisi sepak bola Indonesia, yang menjadi pengalaman pertama.

Kendati demikian, dia sudah merasakan kultur sepak bola Asia ketika di Liga China. Berikut ini INDOSPORT membeberkan profil singkat pelatih baru Persik Kediri, Marcelo Rospide pada musim 2023/2024 mendatang.

Sering Berkarir di Brasil

Marcelo Rospide bukan tipikal pelatih petualang seperti koleganya asal Brasil. Karirnya lebih sering dihabiskan di kompetisi negeri samba dalam 2 dekade terakhir

Transfermarkt dan Soccerway sebagai situs data statistik sepak bola memaparkan karir kepelatihan Marcelo Rospide sejak 2009 silam.

Dia menjadi pelatih interim 2 kali di klub Gremio, yakni periode April-Mei dan November-Desember 2009. Marcelo kemudian tetap berkarir di Serie A Brasil.

Marcelo Rospide lantas menjadi head coach bagi klub Gremio Barueri pada September 2010 dan membesut klub Porto-Alegre selama 5 musim (2011-2015).

Marcelo kemudian menjabat asisten pelatih di Ceara S.C (2018-2019) dan E.C Vitoria (2019) Brasil, sebelum menjajal Liga China untuk melatih Meizhou Hakka FC.