In-depth

Rekam Jejak Timnas Indonesia di Final SEA Games: Paceklik Emas 32 Tahun!

Minggu, 14 Mei 2023 11:35 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Ronald Seger/INDOSPORT
Para pemain Timnas Indonesia U-23 dan Indra Sjafri di SEA Games 2019. Foto: Ronald Seger/INDOSPORT. Copyright: © Ronald Seger/INDOSPORT
Para pemain Timnas Indonesia U-23 dan Indra Sjafri di SEA Games 2019. Foto: Ronald Seger/INDOSPORT.

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia U-22 meraih tiket final sepak bola putra SEA Games 2023 usai menang tipis atas Vietnam U-22, Sabtu (13/5/23).

Bahkan, Garuda Muda menang dramatis setelah bertanding hanya dengan 10 pemain di babak kedua. Pratama Arhan keluar lapangan usai melanggar Nguyen Duc Phu.

Di sisi lain, situasi Indonesia saat itu juga membuat para penonton ‘senam jantung’,  apalagi setelah Vietnam mendapat ‘hadiah’ gol cuma-cuma dari Bagas Kaffa.

Namun beruntung, Indonesia pada akhirnya bisa menutup laga dengan senyuman dan rasa lega usai Muhammad Taufany mencetak gol kemenangan Garuda Muda.

Dengan hasil ini, Timnas Indonesia U-22 berhak atas tiket final SEA Games 2023 dan akan menghadapi Thailand pada Selasa tanggal 16 Mei mendatang.

Ini adalah kali kedelapan Indonesia menginjakkan kaki di final sepak bola SEA Games. Yang teranyar, mereka tampil di edisi Filipina 2019.

SEA Games 2019 (Perak)

Sayangnya waktu itu Indonesia gagal meraih kemenangan usai ditekuk Vietnam tiga gol tanpa balas di Rizal Memorial Stadium, Manila.

Meski begitu, Indonesia masih bisa tersenyum lantaran salah satu pemain mereka yakni Osvaldo Haay membawa pulang gelar top skor.

Dengan raihan delapan gol, ia tampil sebagai pencetak gol tersubur di SEA Games 2019 bersama Ha Duc Chinh asal Vietnam.

Nah, kini jelang final di edisi 2023 Kamboja, mari mengingat sedikit ke belakang, rekam jejak Timnas Indonesia di partai puncak sepak bola SEA Games sepanjang sejarah.