Liga Indonesia

Debut di ASEAN, Eks Pelatih Serie A Optimis Bawa Persik Tembus 5 Besar Liga 1

Selasa, 23 Mei 2023 22:40 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Subhan Wirawan
© Ian Setiawan/INDOSPORT
Pelatih asal Brasil, Marcelo Rospide diperkenalkan Persik Kediri. (Foto: Ian Setiawan/INDOSPORT) Copyright: © Ian Setiawan/INDOSPORT
Pelatih asal Brasil, Marcelo Rospide diperkenalkan Persik Kediri. (Foto: Ian Setiawan/INDOSPORT)

INDOSPORT.COM - Pelatih anyar Persik Kediri, Marcelo Rospide tampak antusias menyambut pengalaman barunya menukangi tim yang berkompetisi di Asia Tenggara pada musim Liga 1 2023/2024.

Pelatih kebangsaan Brasil itu diresmikan oleh Persik Kediri, pasca memimpin sesi latihan tim di Stadion Brawijaya pada Selasa (23/5/23).

Dia akan memimpin tim berjulukan Macan Putih selama satu musim kompetisi ke depan. Targetnya pun jelas, Persik wajib memperbaiki posisi dari musim sebelumnya.

Secara trek rekor kepelatihan, Marcelo Rospide punya jam terbang mentereng bahkan dalam dua dekade terakhir dirinya pernah menangani tiga tim Serie A Brasil.

Oleh sebab itu, Marcelo Rospide pun tak masalah dengan target yang dibebankan. Artinya, dia minimal mesti membawa Persik menembus 10 besar klasemen akhir.

Pasalnya, Arthur Irawan dkk sudah 2 kali menghuni peringkat 11 di ujung kompetisi. Baik ketika masih dibesut Javier Roca (2021/2022) dan Divaldo Alves (2022/2023).

"Saya punya pengalaman yang bagus selama berkarir di Liga Tiongkok (melatih Meizhou Hakka). Saya optimis bisa mencapai target," bilang Marcelo.

Kendati demikian, dia sadar bahwa tugas itu tak akan mudah. Pasalnya, dia baru menjalani proses adaptasi terhadap iklim sepak bola di Indonesia.

"Sepak bola memang tidak mudah. Klub ini sangat serius perihal target, dan saya setuju dengan target yang diberikan," tambah dia.

Eks Pelatih Gremio di Serie A Brasil itu bahkan menyampaikan targetnya secara pribadi. Tentu ini adalah penilaiannya secara subjektif berdasarkan pengamatannya sendiri.

"Kalau saya melihat, bukah mustahil kalau tim ini bisa bersaing di papan atas. Mungkin, tim ini bisa menembus 5 besar kompetisi," tandas dia.