Bola Internasional

Erick Thohir Pastikan Laga Timnas Indonesia vs Argentina di GBK

Rabu, 24 Mei 2023 16:00 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Isman Fadil
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Selebrasi Witan Sulaeman usai mencetak gol pertama Timnas Indonesia ke gawang Burundi pada FIFA Matchday di stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Selasa (28/03/23). Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Selebrasi Witan Sulaeman usai mencetak gol pertama Timnas Indonesia ke gawang Burundi pada FIFA Matchday di stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Selasa (28/03/23).

INDOSPORT.COM - Ketua umum PSSI, Erick Thohir memastikan Timnas Indonesia akan melawan Argentina pada FIFA match day 19 Juni mendatang. Kedua federasi sudah meneken kontrak atau kesepakatan secara resmi.

Dikatakan Erick Thohir, FIFA match day merupakan upaya PSSI untuk meningkatkan kualitas Timnas Indonesia.

Karena itu, PSSI membidik lawan yang berkualitas mulai dari lawan Palestina pada 14 Juni dan selanjutnya Argentina pada 19 Juni 2023.

"Untuk FIFA match day Juni ini kita membuat gebrakan. Satu kita lawan Palestina yang rangking 94, lebih bagus dari kita yang 149," ujar Erick Thohir.

Setelah bermain Indonesia melawan Burundi pada FIFA match day Maret lalu dan mencatat satu kemenangan (3-1) dan imbang (2-2), Erick Thohir menginginkan langkah maju. Karena itu, ia pun mengundang Argentina untuk menjadi lawan skuad Garuda.

Pembicaraan untuk uji coba Indonesia vs Argentina terjadi saat Erick Thohir menghadiri Kongres FIFA di Rwanda pada 17 Maret 2023. Ketum PSSI menjelaskan, kesepakatan itu merupakan bagian dari persahabatan antar dua negara.

Erick Thohir menyebut, kedatangan Lionel Messi cs tak sekadar bertanding, tapi juga berbagi ilmu sepak bola. Ini harus dimanfaatkan Indonesia agar meningkatkan kualitas sepak bola nasional. 

"Tentu saya juga apresiasi, bahwa Argentina juga ingin hadir di Indonesia, turut membangun sepak bola Indonesia, ini yang luar biasa. Ini bagian dari persahabatan dua negara. Dan ini momentum luar biasa buat sepak bola Indonesia menjaga kebangkitannya," ujar Erick Thohir.

"Makanya saya bilang di SEA Games euforianya cukup. Kita punya mimpi lebih baik lagi," imbuhnya.