Bursa Transfer

Telan Ludah Sendiri, Deretan Klub Ini Harus Bayar Mahal untuk Pulangkan Bakat Akademi

Rabu, 31 Mei 2023 14:25 WIB
Penulis: Antonius Wahyu Indrajati | Editor: Indra Citra Sena
© REUTERS/Peter Powell
Bursa transfer selalu menghadirkan momen menarik karena beberapa klub memulangkan kembali bakat akademi seperti, Manchester United memulangkan Paul Pogba. FOTO: REUTERS/Peter Powell Copyright: © REUTERS/Peter Powell
Bursa transfer selalu menghadirkan momen menarik karena beberapa klub memulangkan kembali bakat akademi seperti, Manchester United memulangkan Paul Pogba. FOTO: REUTERS/Peter Powell

INDOSPORT.COM – Bursa transfer selalu menghadirkan momen menarik karena beberapa klub memulangkan kembali bakat akademi seperti, Manchester United memulangkan Paul Pogba.

Menurut Squawka, sejumlah klub termasuk Chelsea, Real Madrid, hingga Bayern Munchen pernah memulangkan pemain akademi dengan biaya fantastis.

Pada masa kejayaan Barcelona pada 2000-an, akademi mereka mampu menghasilkan pemain ternama seperti, Cesc Fabregas.

Dalam periode kesuksesan itu, Barcelona memutuskan untuk menjual Fabregas ke Arsenal pada 2003 dengan biaya sebesar 3,2 juta euro.

Tapi, secara mengejutkan mereka justru membeli kembali Cesc Fabregas dengan biaya sebesar 34 juta euro dari Arsenal pada 2011 silam.

Kemudian, Mats Hummels juga pernah mengalami hal serupa. Di mana sebagai produk akademi Bayern Munchen dia justru dilepas ke Borussia Dortmund pada 2009 dengan biaya 4,2 juta euro.

Namun, pada 2016 Bayern memilih untuk memulangkan Hummels dari Dortmund dengan biaya 35 juta euro.

Dani Carvajal pernah bergabung dengan Bayer Leverkusen pada musim 2012-2013 setelah dijual oleh Real Madrid.

Real Madrid kemudian menambahkan klausul pembelian kembali sekitar 6,5 juta euro untuk memulangkan Carvajal.

Keputusan Manchester United memulangkan Paul Pogba sebagai mantan produk akademi mungkin menjadi biaya transfer terbesar dalam sejarah.