In-depth

3 Pemain Asing ASEAN yang Layak Digaet Persija di Liga 1 2023/24: Ada Jebolan Swiss

Kamis, 1 Juni 2023 13:05 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Pelatih Persija Jakarta, Thomas Doll. Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Pelatih Persija Jakarta, Thomas Doll.

INDOSPORT.COM - Pelatih Persija Jakarta yakni Thomas Doll kini sedang mencari satu pemain asing dari Asia Tenggara (ASEAN) di bursa transfer Liga 1 2023-2024.

Sebagaimana diketahui, ada perubahan regulasi pemain asing di kompetisi Liga 1 2023-2024 mendatang. Di mana setiap klub boleh menggunakan lima pemain asing dari negara mana saja + satu dari ASEAN.

Penambahan kuota pemain asing dari ASEAN ini bukan tanpa alasan. Wakil Ketua Umum PSSI yakni Zainudin Amali mengatakan kalau kehadiran pemain Asia Tenggara akan meningkatkan animo penonton dari negara tetangga.

Kuota pemain Asia Tenggara bukan hal baru khusnya lingkup sepak bola ASEAN. Liga Thailand misalnya, menerapkan batas pemain asing sebanyak sembilan pemain asing yang tiga di antaranya harus dari ASEAN.

Kemudian Liga Malaysia menerapkan kuota sembilan pemain asing dan salah satunya harus dari ASEAN. Kemudian Vietnam mengaplikasikan kuota tiga pemain asing dari negara mana saja dan satu pemain Asia.

Keputusan tersebut membuat sejumlah klub Liga 1 2023-2024 termasuk Persija Jakarta sedang sibuk mencari pemain ASEAN yang layak.

Persija Jakarta sendiri kini sudah memiliki Ryo Matsumura dan Ondrej Kudela yang kemungkinan besar bertahan. Sedangkan masa depan Michael Krmencik, Hanno Behrens, dan Yusuf Helal masih tanda tanya.

Thomas Doll memastikan bahwa Persija sangat serius dalam mempersiapkan tim untuk musim depan. Jadi, nama-nama baru yang akan dihadirkan pasti melewati seleksi yang ketat.

Berikut INDOSPORT telah merangkum tiga pemain asing ASEAN yang layak dipertimbangkan Thomas Doll untuk memperkuat Persija Jakarta di Liga 1 2022-2023: