Liga Indonesia

Biar Tak Mubazir, Cara Jitu Bos Madura United 'Peras' Tenaga Pemain Asing

Jumat, 2 Juni 2023 16:55 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Indra Citra Sena
© maduraunitedfc.com
Presiden Madura United Achsanul Qosasi. Copyright: © maduraunitedfc.com
Presiden Madura United Achsanul Qosasi.

INDOSPORT.COM - Presiden Madura United, Achsanul Qosasi, melontarkan respons perihal kompetisi Liga Indonesia yang akan mengusung sejumlah regulasi baru mulai musim 2023-2024.

Yang pertama adalah soal sistem kompetisi yang terbilang baru. Setelah babak reguler berlangsung, tim juara ditentukan di babak championship dengan 4 tim teratas.

Selain itu, regulasi perihal kuota pemain asing juga berubah. Dari yang semula dengan format 3+1 (Asia), musim ini ditambah dengan formasi 5+1 (ASEAN).

Achsanul Qosasi pada prinsipnya mendukung segala aturan baru untuk Liga 1 nanti. Namun, dia juga mengutarakan opini pribadi perihal kompetisi.

"Lebih baik jika ada kompetisi tambahan seperti Piala Indonesia, Piala Nusantara, dan kompetisi serupa lain yang diselenggarakan selain Jumat, Sabtu, dan Minggu," sambungnya.

Pendapat itu tercetus lantaran Liga Indonesia hanya akan berlangsung pada akhir pekan saja. Sedangkan di tengah pekan tidak ada jadwal laga.

Setidaknya, hal itu sudah tergambar dari draft jadwal yang tersebar belakangan ini. Dengan adanya Piala Indonesia, intensitas laga bisa ditingkatkan.

Lagipula, kompetisi dengan format turnamen ini sudah sekian lama vakum. Rencana menggulirkannya musim lalu, akhirnya kandas dengan alasan waktu yang terbatas.

"Saya berharap Exco PSSI bisa mempertimbangkan format yang ada. Dengan begitu, klub dapat memaksimalkan penggunaan pemain asing," tambah figur yang akrab dipanggil AQ tersebut.