Liga Spanyol

Jelang Lawan Argentina, Jordi Amat Ingat Momen Apik Tahan Imbang Lionel Messi di Liga Spanyol

Sabtu, 3 Juni 2023 21:33 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Juni Adi
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Jordi Amat dan Para Pemain Timnas Indonesia Merayakan Gol ke Gawang Burundi Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Jordi Amat dan Para Pemain Timnas Indonesia Merayakan Gol ke Gawang Burundi

INDOSPORT.COM - Bek Timnas Indonesia, Jordi Amat antusias jelang FIFA match day lawan Argentina pada 19 Juni mendatang di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta. Dia tak sabar bertemu kembali dengan pemain terbaik dunia, Lionel Messi.

PSSI dan AFA (federasi sepak bola Argentina) sudah mengumumkan kedua tim akan bersua pertengahan bulan ini. AFA bahkan sudah merilis skuad yang akan dibawa ke Indonesia, termasuk ikutnya Lionel Messi.

Kehadiran Lionel Messi jadi sorotan karena pernah bertemu Jordi Amat saat keduanya masih sama-sama bermain di Liga Spanyol.

Jordi Amat pernah membela Espanyol, Real Betis hingga Rayo Vallecano, sedangkan La Pulga (julukan Messi) bersama Barcelona.

Kini Jordi Amat jadi andalan di lini belakang skuad Garuda asuhan Shin Tae-yong setelah dinaturalisasi tahun lalu. Sementara Messi baru saja juara Piala Dunia 2022 bersama Argentina.

Saat berseragam Espanyol, Jordi Amat pernah membantu timnya menahan imbang Barcelona dan Messi. Itu terjadi pada pekan ke-18 La Liga Spanyol musim 2012.

Ketika itu, Jordi Amat bermain sebagai starter dan Espanyol kebobolan terlebih dahulu pada menit ke-16 oleh Cesc Fabregas. Jelang akhir babak kedua, Espanyol bisa samakan kedudukan jadi 1-1 lewat gol Alvaro Vazquez menit ke-86.

Bagi Jordi Amat, hasil tersebut merupakan kenangan indah karena saat itu Barcelona sangat superior di Liga Spanyol.

"Saya mendapatkan hasil mengagumkan saat di Espanyol. Seri 1-1 melawan tim terbaik Barcelona saat itu. Jadi ya, itu memori bagus," kenang Jordi Amat.

Pada laga tersebut, Jordi Amat dipercaya bermain 90 menit oleh pelatih Espanyol, Mario Pochettino. Dia mendapat kartu kuning.