Liga Champions

UEFA Ambil Langkah, Nasib AC Milan Main Liga Champions Ditentukan Pekan Depan

Selasa, 20 Juni 2023 23:35 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
© REUTERS/Ciro De Luca
Nasib AC Milan apakah bisa bermain di Eropa musim depan atau tidak bakal ditentukan pekan depan setelah UEFA melakukan investigasi terhadap RedBird. Copyright: © REUTERS/Ciro De Luca
Nasib AC Milan apakah bisa bermain di Eropa musim depan atau tidak bakal ditentukan pekan depan setelah UEFA melakukan investigasi terhadap RedBird.

INDOSPORT.COM - Nasib AC Milan apakah bisa bermain di Eropa musim depan atau tidak bakal ditentukan pekan depan setelah UEFA melakukan investigasi terhadap sang pemilik, RedBird Capital dan Gerry Cardinal.

Gerry Cardinal yang merupakan pemilik RedBird Capital diketahui memiliki dua klub sepak bola di Eropa, yakni Toulouse FC dan AC Milan.

Toulouse lebih dulu dibeli oleh Gerry Cardinal dua tahun lalu sebelum mengakuisisi kepemilikan AC Milan dari Elliott Management pada 2022 silam.

Masalah baru muncul di akhir musim 2022-2023, setelah AC Milan memastikan finis keempat Liga Italia sekaligus mengamankan tempat di Liga Champions musim depan.

Sebelum itu, Toulouse FC lebih dulu mengamankan tempat di Liga Europa musim depan usai memenangkan trofi Piala Prancis 2023.

Menurut regulasi UEFA, hanya ada satu tim per pemilik yang dizinkan bertanding di kompetisi Eropa yang mereka naungi. Ini adalah peraturan UEFA, dikutip dalam pasal 5:

Tidak ada orang atau badan hukum yang boleh memiliki kendali atau pengaruh terhadap lebih dari satu klub yang berpartisipasi dalam kompetisi klub UEFA.”

Walhasil, UEFA akhirnya mengambil tindakan untuk menyelidik adakah hubungan antara Toulouse dan AC Milan di bawah kepemilikan RedBird Capital.

Melansir dari Football Italia, pemeriksaan akan mulai dilakukan pekan depan. Nantinya, klub mana antara AC Mulan atau Toulouse yang boleh bermain di Eropa diputuskan beberapa hari sesudahnya.

Secara kasat mata, AC Milan mungkin akan lebih diprioritaskan daripada Toulouse untuk bermain di Liga Champions musim depan.