In-depth

Ivan Kolev, Satu-satunya Pelatih yang Bawa Timnas Indonesia Menang di Piala Asia

Kamis, 22 Juni 2023 17:03 WIB
Editor: Subhan Wirawan
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pelatih Persija Ivan Kolev saat latihan Persija Jakarta jelang leg kedua babak 8 besar Piala Indonesia lawan Bali United di Lapangan PS AU TNI Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Jumat (03/05/19). Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pelatih Persija Ivan Kolev saat latihan Persija Jakarta jelang leg kedua babak 8 besar Piala Indonesia lawan Bali United di Lapangan PS AU TNI Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Jumat (03/05/19). Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT

INDOSPORT.COM – Kabar terkini Ivan Kolev, satu-satunya pelatih yang mampu membawa Timnas Indonesia menang pada gelaran Piala Asia.

Setelah absen selama hampir 16 tahun, akhirnya Timnas Indonesia mampu kembali mentas di ajang Piala Asia 2023 yang mulai bergulir tahun 2024 mendatang.

Perjuangan Timnas Indonesia lolos ke babak penyisihan grup Piala Asia 2023 terbilang cukup berat, lantaran skuat Garuda harus menghadapi lawan tangguh dari Timur Tengah serta bermain di luar Indonesia.

Tergabung di Grup A babak kualifikasi, Timnas Indonesia lolos ke babak penyisihan grup Piala Asia dengan status runner up Grup A, di bawah Yordania yang mampu meraup tiga kemenangan beruntun selama kualifikasi.

Dalam sejarahnya, ini merupakan kali kelima Timnas Indonesia berhasil lolos ke putaran final Piala Asia setelah sebelumnya juga lolos pada tahun 1996, 2000, 2004 serta 2007.

Dari keempat edisi Piala Asia yang diikuti Timnas Indonesia, gelaran tahun 2007 mungkin jadi yang paling diingat.

Selain Indonesia yang berstatus tuan rumah, pada edisi tersebut juga timnas Garuda terakhir kali rasakan kemenangan di Piala Asia.

Timnas Indonesia berhasil menang 2-1 atas Bahrain di partai pembuka penyisihan Grup A Piala Asia 2007 melalui gol Budi Sudarsono serta Bambang Pamungkas.

Dibalik kemenangan langka tersebut, ada sosok Ivan Kolev yang jadi otak permainan Timnas Indonesia di luar lapangan.

Pelatih asal Bulgaria itu mampu meracik skuat Merah Putih hingga membawa timnas menang, dan sampai sekarang belum bisa terulang lantaran Timnas Indonesia tak pernah lagi lolos ke penyisihan grup Piala Asia.

Usai berjasa mengantarkan Timnas Indonesia menang di Piala Asia 2007, seperti apakah perjalanan karier dari Ivan Kolev dan kabarnya saat ini? Lebih lengkapnya, berikut INDOSPORT coba merangkum: