Liga Indonesia

Profil Toni Firmansyah, Produk Asli Persebaya yang Siap Meledak di Liga 1 2023/24

Jumat, 30 Juni 2023 09:47 WIB
Kontributor: Fitra Herdian Ariestianto | Editor: Indra Citra Sena
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Pertandingan Persis Solo melawan Persebaya Surabaya. (Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT) Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Pertandingan Persis Solo melawan Persebaya Surabaya. (Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT)

INDOSPORT.COM - Persebaya Surabaya di bawah kepelatihan Aji Santoso rutin melakukan regenerasi pemain dari level junior ke senior, begitu pula menjelang kick-off Liga 1 Indonesia 2023-2024.

Belakangan, Aji Santoso memperkenalkan beberapa produk baru hasil binaan klub internal Persebaya dalam acara launching tim di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT).

Salah satu pemain yang diperkenalkan adalah Toni Firmansyah. Namanya memang terdengar asing karena belum pernah menjajal kerasnya Liga 1.

Toni Firmansyah merupakan binaan klub internal, Putra Mars, sekaligus jebolan Elite Pro Academy (EPA) Persebaya. Pemain asli Benowo, Surabaya ini sukses meraih sejumlah prestasi selama membela tim junior.

Dia berhasil membawa Persebaya U-13 juara Piala Soeratin 2018, peringkat ketiga EPA U-16 2018 dan posisi ketiga EPA U-18 pada 2022.

Namun, deretan prestasi yang berhasil dia raih tak lantas berbanding lurus dengan kariernya menembus tim senior. Dia bahkan sempat gagal lolos trial tahun lalu.

Melansir situs resmi Persebaya, Toni tersingkir karena hanya Muhammad Iqbal yang lolos pada 2022. Toh dia pantang menyerah dan mencoba untuk memikat Aji Santoso sekali lagi tahun ini.

Usahanya membuahkan hasil manis mengingat kali ini dia berhasil menembus skuat senior. Puncaknya, dia diberi kepercayaan menjalani debut membela Persebaya dalam laga uji coba melawan Persis Solo di Stadion Manahan, Sabtu (24/6/23).

Pada pertandingan itu, Toni Firmansyah sukses menyumbangkan satu gol, yang sekaligus dirayakan dengan penuh rasa haru di atas lapangan.