In-depth

Chelsea Gelar Cuci Gudang Jilid 2, 10 Pemain Langsung Masuk Daftar Jual

Senin, 3 Juli 2023 18:05 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© REUTERS-Tony Obrien
Raksasa Liga Inggris (Premier League), Chelsea, seakan tak berhenti melakukan aktivitas penjualannya di bursa transfer musim panas 2023 ini. Copyright: © REUTERS-Tony Obrien
Raksasa Liga Inggris (Premier League), Chelsea, seakan tak berhenti melakukan aktivitas penjualannya di bursa transfer musim panas 2023 ini.

INDOSPORT.COM – Raksasa Liga Inggris (Premier League), Chelsea, seakan tak berhenti melakukan aktivitas penjualannya di bursa transfer musim panas 2023 ini.

Sejak bursa transfer untuk Liga Inggris dibuka pada 14 Juni 2023, klub berjuluk The Blues ini langsung gencar menjual pemain-pemainnya.

Aktivitas penjualan ini dilakukan untuk mengimbangi neraca keuangan, pasca belanja besar-besaran di musim panas 2022 dan musim dingin 2023.

Sekadar informasi, pada dua bursa transfer tersebut Chelsea berbelanja pemain hingga menyentuh angka 600 juta euro (Rp9 triliun) lebih.

Karena aktivitas jor-joran dalam membeli pemain tersebut, tim asal London Barat ini pun harus menjual pemain, demi mematuhi Financial Fair Play (FFP) maupun mengurangi skuad di tim utama.

Pada bulan Juni 2023 lalu, Chelsea telah melepas total delapan pemain di tim utama, baik dijual maupun habis kontrak, dengan mendapat pemasukan kurang lebih 210 juta euro atau Rp3,4 triliun.

Kedelapan pemain itu adalah Kai Havertz, Mason Mount, Mateo Kovacic, Kalidou Koulibaly, Edouard Mendy, Ruben Loftus-Cheek, N’Golo Kante, dan Tiemoue Bakayoko.

Kepergian delapan pemain itu dan pemasukan sebesar Rp3,4 triliun nyatanya tak membuat Chelsea dan sang pemilik,  Todd Boehly, puas begitu saja. Ada rencana The Blues akan melakukan penjualan lainnya.

Penjualan pemain ini masuk dalam penjualan tahap kedua yang akan dilakukan pada bulan Juli 2023 ini, dengan tujuan menambah pemasukan dan mengurangi beban gaji.

Setidaknya ada 10 pemain yang akan dilego oleh Chelsea di bursa transfer musim panas 2023 ini. Siapa saja para pemain tersebut? Berikut ulasan INDOSPORT.