Liga 1

Rumor Transfer Liga 1: Tinggalkan Tokyo Verdy, Pratama Arhan ke Persija Jakarta?

Selasa, 11 Juli 2023 15:15 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pratama Arhan saat latihan bersama Timnas Indonesia. Ia dikabarkan tinggalkan Tokyo Verdy dan merapat ke klub Liga 1 Persija Jakarta. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pratama Arhan saat latihan bersama Timnas Indonesia. Ia dikabarkan tinggalkan Tokyo Verdy dan merapat ke klub Liga 1 Persija Jakarta.

INDOSPORT.COM - Rumor transfer Liga 1 masih bergulir, khususnya Persija Jakarta yang belum lengkapi kuota pemain asing, dan kini dikabarkan merekrut Pratama Arhan.

Menyebut nama Pratama Arhan, tentu teringat sosok fullback timnas Indonesia yang saat ini berkarier di tim luar negeri, tepatnya di Tokyo Verdy, Liga 2 Jepang.

Meski jarang mendapatkan jatah menit bermain, Tokyo Verdy telah memperpanjang kontrak Pratama Arhan pada Januari lalu.

"Kami menginformasikan kepada Anda bahwa Tokyo Verdy telah memperbarui kontraknya dengan Arhan untuk musim 2023," tulis Tokyo Verdy di laman resmi.

Sebelum bermain untuk Tokyo Verdy, Pratama Arhan dikenal sebagai pemain andalan PSIS Semarang. Maka dari itu, banyak yang menduga ia akan kembali ke Mahesa Jenar.

Namun kini, kabar mengejutkan datang dari klub Liga 1 Persija Jakarta, yang dirumorkan mendatangkan Pratama Arhan jelang sesi penutupan bursa transfer awal musim 2023.

Kabar ini beredar luas di media sosial, mulai dari Instagram hingga Twitter. Banyak fans yang coba mencari kebenaran tentang isu Pratama Arhan yang merapat ke Persija Jakarta.

"Arhan ke Persija itu bener gak Dos?" tanya pemilik akun Twitter @raihannrmdn di kolom komentar salah satu akun populer yang sering membagikan info transfer pemain.

"Welcome Arhan macan," komentar dari akun Instagram @coytgram.id, menyebut Macan sebagai representasi Persija, dan langsung disukai oleh ratusan netizen lain.

"Persija Jakarta itu klub terbesar dan terbaik di Indonesia, apalagi suporternya Persija Jakarta. Ayo Pratama Arhan come on to Persija," timpal akun @m.ikrams24.

Banyak pro dan kontra terkait Pratama Arhan yang kabarnya meninggalkan tim Jepang Tokyo Verdy, dan berlabuh ke Persija Jakarta di bursa transfer Liga 1.

Pratama Arhan memang jarang mendapat menit bermain di Tokyo Verdy, padahal ia perlu mendapatkan insting bermain yang kompetitif agar kemampuannya terasah.

Namun, Tokyo Verdy sudah memiliki pemain andalan di sektor bek kiri, Daiki Fukazawa. Sejauh ini, pemain berusia 24 tahun tersebut selalu dipercaya untuk mengisi posisi fullback kiri.

Daiki Fukazawa telah mengoleksi 21 caps sebagai bek kiri. Ia cukup produktif dengan mencetak empat gol dan satu assist untuk Tokyo Verdy di Liga 2 Jepang 2023.

Statistik ini menunjukkan bahwa Daiki Fukazawa tak hanya dipercaya sebagai pemain bertahan, tetapi ia juga memiliki keunggulan dalam naluri mencetak gol.

Keunggulan tersebut yang diduga menjadi pertimbangan pelatih Hiroshi Jofuku untuk sering memainkan Daiki Fukazawa di posisi bek kiri, ketimbang Pratama Arhan.