Liga 1

Hasil Sidang Komite Disiplin PSSI Liga 1 : Dewa United Didenda Ratusan Juta

Kamis, 13 Juli 2023 13:50 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Prio Hari Kristanto
© pssi.org
Komdis PSSI telah melakukan sidang pada 11 Juli 2023 dan memutuskan sanksi dan denda untuk enam klub akibat pelanggaran regulasi pada pekan 1 Liga 1. Copyright: © pssi.org
Komdis PSSI telah melakukan sidang pada 11 Juli 2023 dan memutuskan sanksi dan denda untuk enam klub akibat pelanggaran regulasi pada pekan 1 Liga 1.

INDOSPORT.COM - Komite Disiplin (Komdis) PSSI telah melakukan sidang pada 11 Juli 2023 dan memutuskan sanksi dan denda untuk enam klub akibat pelanggaran regulasi pada pekan pertama Liga 1 2023/24. 

Tim pertama yang kena denda adalah PSS Sleman dengan nilai Rp50 juta. Itu karena ada lima pemain Super Elja yang mendapat lima kartu kuning saat melawan Bali United di pembukaan Liga 1 2023 pada 1 Juli lalu. 

Berikutnya adalah Dewa United. Tim promosi ini diharuskan membayar denda senilai Rp100 juta akibat dua pelanggaran. Rinciannya adalah masing-masing Rp50 juta. 

Pelanggaran pertama yang dilakukan tim Tangsel Warrior adalah pemain atas nama Alta Tarik Ballah yang tidak terdaftar dalam FPP berada di official area. Itu terjadi saat Dewa United menjamu Arema FC pada 2 Juli di Indomilk Arena. 

Berdasarkan informasi yang didapat INDOSPORT.COM, Alta Ballah tidak terdapat dalam daftar susunan pemain dan sudah dilarang ke official area, tapi yang bersangkutan tidak menyadari kesalahannya. 

Lalu yang kesalahan kedua yang dilakukan Dewa United adalah terlambat memasuki lapangan pada babak kedua yang membuat pertandingan babak kedua mundur selama 93 detik. Itu juga terjadi ketika melawan Arema FC. 

Tim ketiga yang kena 'surat cinta' dari Komdis PSSI adalah Arema FC. Singo Edan didenda Rp50 juta akibat terlambat memasuki lapangan pada babak kedua sehingga membuat pertandingan babak kedua mundur selama 93 detik. Itu terjadi saat jumpa Dewa United pada 2 Juli. 

Sanksi Lainnya

Selanjutnya, juara bertahan Liga 1, PSM Makassar juga didenda Rp50 juta. Penyebabnya adalah ada lima pemain yang mendapat kartu kuning saat melawan Persija Jakarta pada 3 Juli di Stadion Gelora Bung Karno. 

Tak hanya ke klub, Komdis PSSI juga memberikan sanksi dan denda ke pemain. Penyerang RANS Nusantara Erwin Ramdani didenda Rp10 juta dan kena sanksi larangan bermain sebanyak dua laga di pertandingan terdekat. 

Penyebabnya adalah eks Persib Bandung itu memukul pemain lawan serta mendapatkan kartu merah langsung saat RANS Nusantara FC bertemu Persikabo 1973 pada 3 Juli 2023 di Stadion Maguwoharjo.

Erwin dilaporkan ribut dengan dengan pemain Persikabo, Samsul Arifin pada akhir babak kedua. Wasit pun langsung memberikan kartu merah kepada Erwin dan kartu kuning kepada Samsul Arifin.

Saat ini, Liga 1 2023 sudah menyelesaikan pertandingan pekan kedua. RANS Nusantara FC memimpin klasemen sementara dengan raihan enam poin. 

Di posisi kedua ada Dewa United dengan perolehan enam poin dan susul Persebaya Surabaya di peringkat ketiga dengan catatan empat poin.