Timnas Indonesia

Tekad Membara Kapten Timnas U-16 Iqbal Gwijangge di Seleksi Piala Dunia U-17

Sabtu, 15 Juli 2023 17:15 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Kapten timnas Indonesia U-16, Muhammad Iqbal Gwijangge. Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Kapten timnas Indonesia U-16, Muhammad Iqbal Gwijangge.

INDOSPORT.COM - Mantan kapten timnas Indonesia U-16, Iqbal Gwijangge, mengincar satu tempat utama di timnas U-17 yang akan tampil di Piala Dunia U-17 2023. Dia punya modal bagus usai menimba ilmu di Hungaria. 

Iqbal merupakan salah satu nama yang dipanggil ke seleksi pertama di Jakarta. Dia siap memberikan penampilan terbaik demi menyegel satu tempat di Piala Dunia U-17 2023.  

Bek Barito Putera itu sangat optimis masuk tim utama timnas Indonesia U-17 karena kualitasnya. Apalagi, Iqbal baru saja pulang latihan dari Hungaria. 

"Persiapan, saya akan memberikan 100 persen kepada pelatih. Baik uji coba, latihan atau apapun itu saya akan memberikan 100 persen," kata M. Iqbal Gwijangge, Sabtu (15/7/23). 

"Saya yakin layak di sini. Saya akan memberikan segalanya di sini, agar di Piala Dunia dapat bersaing dengan negara lain," imbuhnya. 

Iqbal sebelumnya menimba ilmu sepak bola di Hungaria selama enam bulan, terhitung sejak awal 2023. Dia mendapat beasiswa sepak bola di Puskas Akademia FC.

Di Hungaria, bek berusia 16 tahun itu awalnya berlatih bersama tim U-17, lalu naik ke U-19 hingga ke tim Liga 3. Namun, dia tak bersedia menyebut nama klub yang sempat di bela. 

Pulang dari Hungaria, Iqbal mengaku mendapat banyak ilmu. Di sana, dia belajar disiplin soal latihan, makanan, dll. Itu membantunya selangkah lebih maju jadi pemain profesional. 

"Alhamdulilah saya mendapatkan beasiswa ke sana. Saya belajar banyak di sana, mungkin pesepak bola di sana tak jauh beda dengan di sini," tutur Iqbal. 

"Bedanya adalah di sana mereka lebih teratur mengenai latihan, jam latihan dan juga infrastruktur sangat baik sekali," pungkasnya.