Liga Champions

Bos Liverpool Jurgen Klopp Mencak-mencak Soroti Format Liga Champions Baru

Senin, 17 Juli 2023 21:08 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
© REUTERS/Satish Kumar
Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, mengungkapkan kekesalannya terkait format baru Liga Champions untuk musim 2024-2025 yang dirilis oleh UEFA. Foto: REUTERS/Satish Kumar. Copyright: © REUTERS/Satish Kumar
Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, mengungkapkan kekesalannya terkait format baru Liga Champions untuk musim 2024-2025 yang dirilis oleh UEFA. Foto: REUTERS/Satish Kumar.

INDOSPORT.COM - Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, mengungkapkan kekesalannya terkait format baru Liga Champions untuk musim 2024-2025 yang dirilis oleh UEFA.

UEFA  mengubah format Liga Champions 2024-2025. Ajang ini tidak akan berjalan dengan sistem grup dan babak penyisihan lagi melainkan format satu liga berisi 36 tim.

Nantinya,  setiap klub hanya akan melakoni 8 pertandingan melawan 8 lawan berbeda (4 kandang, 4 tandang).

Menilik dari format pertandingan mulai dari babak pertama (sistem klasemen liga) hingga final, kompetisi Liga Champions akan berjalan lebih panjang dari biasanya.

Dengan demikian, setiap tim peserta mau tidak mau akan menjalani lebih banyak pertandingan dalam satu musim kompetisi.

Perubahan ini bertolak belakang dengan keinginan Jurgen Klopp. Pelatih Liverpool itu sebelumnya memang pernah meminta pengurangan jumlah pertandingan.

“Jelas (pertandingan dalam satu musim) terlalu banyak,” kata Klopp ada 2019 silam dilansir dari Liverpool.com.

“Semua orang yang terlibat dalam pertandingan akan merasakan (kelelahan) dan Anda (UEFA) masih juga mengetahuinya,” lanjut Klopp.

Juru taktik asal Jerman tersebut kembali menyerang UEFA tahun lalu, dengan mengklaim bahwa kesejahteraan para pemain klub-klub Eropa sedang terancam.

Hingga berita ini diturunkan, Jurgen Klopp belum memberikan tanggapan soal perubahan format pertandingan Liga Champions 2024-2025.