In-depth

Fabinho dan Jordan Henderson Tinggalkan Liverpool, Siapa Pengganti yang Pas?

Minggu, 23 Juli 2023 16:41 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© REUTERS/Satish Kumar
Jurgen Klopp dan klub Liga Inggris (Premier League), Liverpool, dihadapkan pada PR besar mencari pengganti Fabinho dan Jordan Henderson. Foto: REUTERS/Satish Kumar. Copyright: © REUTERS/Satish Kumar
Jurgen Klopp dan klub Liga Inggris (Premier League), Liverpool, dihadapkan pada PR besar mencari pengganti Fabinho dan Jordan Henderson. Foto: REUTERS/Satish Kumar.

INDOSPORT.COM - Jurgen Klopp dan klub Liga Inggris (Premier League), Liverpool, dihadapkan pada PR besar mencari pengganti Fabinho dan Jordan Henderson.

Dua pemain tersebut kabarnya sebentar lagi akan angkat kaki dari skuad The Reds. Nama yang kedua, mengikuti jejak Steven Gerrard ke Al Ettifaq.

Kepergian Fabinho dan Jordan Henderson pun menambah panjang daftar gelandang Liverpool yang hengkang setelah trio James Milner, Alex Oxlade-Chamberlain, dan Naby Keita.

Meski telah mendatangkan amunisi baru, Jurgen Klopp akan butuh tambahan gelandang bertahan jika Fabinho dan Jordan Henderson pergi.

Tentu saja, ini bukan misi mudah mengingat peran kedua pemain tersebut yang sudah cukup vital di Liverpool.

Fabinho adalah pemain nomor 6 pilihan pertama, sedangkan Jordan Henderson merupakan kapten tim.

Namun dengan ketiadaan keduanya, Liverpool akan butuh setidaknya satu tambahan lagi di sektor gelandang.

Ia harus mengantongi keahlian bertahan yang baik, ditambah postur fisik yang apik, serta kemampuan menyatukan lini tengah.

Masalahnya, menemukan pemain dengan kualitas-kualitas ini terbilang tidak mudah dan diprediksi bakal menelan biaya yang cukup besar.

Namun jika harus memilih beberapa, salah satu calon yang mungkin patut dilirik adalah Boubacar Kamara yang saat ini bermain untuk Aston Villa.

Ia adalah pemain yang direkrut Steven Gerrard dengan status bebas transfer dari Marseille beberapa waktu lalu.

Boubacar Kamara punya kemampuan memecah serangan lawan dan mengalirkan bola dengan cepat kepada rekan-rekan setimnya.

Hanya saja, untuk mendatangkan Boubacar Kamara, Liverpool nampaknya harus berusaha lebih keras karena ia masih terikat kontrak dengan Aston Villa hingga 2027.

Kemudian ada Romeo Lavia, pemain yang sudah mondar-mandir di pemberitaan bursa transfer The Reds dalam beberapa hari ini.

Liverpool disebut-sebut terkesan dengan penampilan pemain muda yang satu ini di klubnya sekarang, Southampton.

Meski masih berusia 19 tahun, Romeo Lavia menunjukkan ketenangan dalam permainannya serta menjadi salah satu pemain favorit publik The Saints.

Seperti Boubacar Kamara, ia pun kabarnya dibanderol cukup tinggi oleh Southampton yakni sekitar 50 juta poundsterling (sekitar Rp966 miliar).