Bola Internasional

10 Klub Paling Bernilai di Dunia versi Forbes, Man United Nomor 2!

Rabu, 26 Juli 2023 05:20 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Reuters/Matthew Childs
Belum lama ini majalah bisnis dan finansial, Forbes, merilis 10 klub sepak bola paling bernilai di dunia pada tahun 2023 ini. Copyright: © Reuters/Matthew Childs
Belum lama ini majalah bisnis dan finansial, Forbes, merilis 10 klub sepak bola paling bernilai di dunia pada tahun 2023 ini.

INDOSPORT.COM – Belum lama ini majalah bisnis dan finansial, Forbes, merilis 10 klub sepak bola paling bernilai di dunia pada tahun 2023 ini.

10 klub ini didominasi oleh klub-klub Eropa yang berada di lima liga top, yakni Liga Inggris (Premier League), Liga Italia (Serie A), Liga Spanyol (LaLiga), Liga Prancis (Ligue 1), dan Liga Jerman (Bundesliga).

Klub-klub besar dan ternama pun mampu menduduki 10 klub dengan nilai paling tinggi di dunia ini berdasarkan citra, fasilitas, dan nilai skuad di klub itu.

Berikut INDOSPORT sajikan 10 klub paling bernilai di dunia versi Majalah Forbes di tahun 2023 ini.

10. Arsenal: 2,26 miliar dolar AS (Rp33,9 triliun)

Arsenal yang dikuasai oleh Stan Kroenke masuk dalam daftar 10 klub paling bernilai di dunia dengan valuasi sebesar Rp33,9 triliun.

Angka ini didapat tak lepas dari fasilitas yang dimiliki Arsenal, yakni Stadion Emirates, serta nilai skuadnya yang saat ini berada di posisi pertama di dunia sepak bola.

9. Tottenham Hotspur: 2,8 miliar dolar AS (Rp42 triliun)

Rival sekota Arsenal, Tottenham Hotspur, mampu menduduki posisi ke-9 dengan memiliki valuasi sebesar Rp42 triliun.

Tottenham yang dikuasai ENIC Group punya valuasi sebesar ini karena fasilitas kelas wahid yang dimilikinya, terutama dari stadion yang dimiliki.

8. Chelsea: 3,1 miliar dolar AS (Rp46,5 triliun)

Chelsea yang sempat menjadi tim termahal di dunia saat diakuisisi oleh Todd Boehly pada 2022 lalu harus berada di peringkat ke-8 dengan valuasi sebesar Rp46,5 triliun.

Valuasi yang dimiliki The Blues tak lepas dari brand atau citra yang dimilikinya serta lokasinya yang berada di jantung kota London.

7. PSG: 4,21 miliar dolar AS (Rp63,2 triliun)

Paris Saint-Germain atau PSG memiliki citra sebagai salah satu klub besar di dunia yang terletak di kota metropolitan seperti Paris.

Karena citra dan basisnya itu serta banyaknya bintang di dalamnya, PSG punya valuasi sebesar 4,21 miliar dolar AS atau Rp63,2 triliun.

6. Bayern Munchen: 4,68 miliar dolar AS (Rp70,3 triliun)

Bayern Munchen juga tak bisa dipandang remeh. Citranya sebagai klub terbesar di Jerman membuat Die Roten punya valuasi sebesar Rp70,3 triliun.

Sayangnya valuasi ini tak berarti apa-apa. Sebab, bagi investor yang mau mengakuisisi Bayern Munchen bakal menemui kesulitan karena aturan 50+1 di Jerman.