Liga 1

Bedah Formasi Persib Bandung Bersama Bojan Hodak, Warisan Luis Milla Terdepak?

Rabu, 26 Juli 2023 21:05 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
© Official PSM Makassar
Mantan pelatih PSM Makassar, Bojan Hodak resmi jadi pelatih Persib Bandung di Liga 1 2023/2024, menggantikan Luis Milla. Copyright: © Official PSM Makassar
Mantan pelatih PSM Makassar, Bojan Hodak resmi jadi pelatih Persib Bandung di Liga 1 2023/2024, menggantikan Luis Milla.

INDOSPORT.COM - Bedah formasi Persib Bandung bersama pelatih anyar, Bojan Hodak, membuat warisan Luis Milla di kompetisi Liga 1 2023/2024 bisa terdepak.

Sebelumnya, Luis Milla memilih mundur sebagai pelatih kepala Persib Bandung karena alasan personal, padahal Liga 1 2023/2024 baru memasuki pekan ketiga.

Tak butuh waktu lama, Persib Bandung resmi mendatangkan Bojan Hodak asal Kroasia sebagai pelatih baru. Sosok ini bukanlah orang baru di Liga Indonesia.

Bojan Hodak memiliki banyak pengalaman di Asia Tenggara, bahkan pernah membesut Timnas Malaysia U-19. Lalu ia menyeberang ke PSM Makassar di tahun 2020 lalu.

Setelah putus kontrak, Bojan Hodak kembali ke Malaysia dan menjadi juru taktik di Kuala Lumpur FA, sebelum akhirnya mundur dari jabatan tersebut pada 25 Juli 2023.

Sehari berselang, Bojan Hodak akhirnya diperkenalkan sebagai pelatih anyar Persib Bandung, menggantikan Luis Milla. Lantas, apakah akan ada perubahan di tim Biru Barat?

Jawabannya tentu saja iya, Bojan Hodak akan memberi warna baru di Persib Bandung, bahkan bisa saja menghapus jejak yang ditinggalkan Luis Milla di tim Maung Bandung.

Selama membesut Persib Bandung, Luis Milla kerap memasang formasi tiga bek sejajar, entah 3-4-2 atau 3-4-1-2. Hal ini memang populer dipakai oleh sejumlah klub Eropa.

Luis Milla bahkan berani mengubah posisi beberapa penggawa Persib Bandung agar bisa sesuai dengan formasi yang ia harapkan.

Daisuke Sato belakangan ini dipasang sebagai bek tengah, lalu Febri Hariyadi, Frets Butuan, hingga Ryan Kurnia ditarik mundur menjadi wingback.

Luis Milla mewariskan formasi tiga bek untuk Persib Bandung di Liga 1 2023/2024. Namun kini, formasi itu kemungkinan besar akan berubah di tangan Bojan Hodak.

Jika mengacu pada formasi yang sering dipakai bersama Kuala Lumpur City FA, Hodak lebih sering memakai empat bek.

Bojan Hodak cenderung memakai formasi 4-4-2. Untuk variasi, sang pelatih pernah memakai 4-3-3 atau 4-2-3-1. Hodak tidak pernah memakai tiga bek di Kuala Lumpur City.

Berdasarkan catatan tersebut, INDOSPORT coba membuat bedah formasi Persib Bandung bersama Bojan Hodak, dan siapa saja yang berpeluang masuk starting 11.

Untuk posisi kiper, Bojan Hodak nampaknya masih akan memercayakan pada Teja Paku Alam. Ia lebih berpengalaman ketimbang Fitrul Rustapa atau Reky Rahayu. 

Sementara untuk posisi empat bek, dengan tambahan kuota pemain asing di Liga 1 2023/2024, Hodak bisa memasang Putu Gede bersama trio asing, Nick Kuipers, Alberto Rodriguez, dan Daisuke Sato.

Persib Bandung tidak memiliki evaluasi khusus untuk lini tengah, meski Tyronne del Pino dicoret dari tim. Bojan Hodak mungkin akan memercayakan pada pemain lokal.

Sejauh ini ada Beckham Putra Nugraha, Ryan Kurnia, dan Edo Febriansyah yang bisa menjadi andalan di lini tengah. Tak lupa ada pemain naturalisasi Timnas Indonesia, Marc Klok.

Sementara untuk lini depan, Bojan Hodak nampaknya akan memasang dua striker asing haus gol, David da Silva dan Ciro Alves untuk membombardir tim Liga 1.

Prediksi Formasi Persib Bandung (4-4-2)

Kiper: Teja Paku Alam

Bek: Putu Gede, Nick Kuipers, Alberto Rodriguez, Daisuke Sato

Tengah: Beckham Putra Nugraha, Marc Klok, Ryan Kurnia, Edo Febriansyah

Depan: David da Silva, Ciro Alves.