Liga 1

Persib Bandung Rekrut Bojan Hodak untuk Gantikan Luis Milla

Rabu, 26 Juli 2023 09:47 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Isman Fadil
© Official PSM Makassar
Mantan pelatih PSM Makassar, Bojan Hodak, resmi tangani Persib Bandung untuk Liga 1 2023/2024. Copyright: © Official PSM Makassar
Mantan pelatih PSM Makassar, Bojan Hodak, resmi tangani Persib Bandung untuk Liga 1 2023/2024.

INDOSPORT.COM - Persib Bandung resmi merekrut mantan pelatih PSM Makassar, Bojan Hodak, untuk menggantikan posisi Luis Milla yang memutuskan mundur usai laga pekan ketiga Liga 1 2023-2024.

Menurut Deputi CEO PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Teddy Tjahjono, manajemen Persib sebelumnya sudah menjalin komunikasi dengan beberapa kandidat pelatih.

Namun, akhirnya manajemen memutuskan untuk merekrut Bojan Hodak pelatih berpaspor Kroasia yang sebelumnya menangani klub Malaysia, Kuala Lumpur FC. 

"Kita sudah menjalin kesepakatan dengan pelatih ini dan hari ini mengumumkannya," kata Teddy Tjahjono.

Manajamen Persib menilai kelahiran Zagreb, 4 Mei 1971 ini memiliki reputasi yang cukup bagus, dengan demikian pihaknya berharap, Bojan Hodak bisa membawa tim kebanggaan Bobotoh bangkit di kompetisi Liga 1 musim 2023-2024.

Apalagi, hingga memasuki pekan keempat skuad Maung Bandung belum meraih kemenangan dan saat ini Persib masih berada di papan bawah tepatnya di zona degradasi.

Selain itu, pada musim ini manajemen Persib menargetkan skuad Maung Bandung berada di peringkat empat besar. Dengan demikian, Teddy berharap Bojan Hodak bisa mengangkat pretasi tim kebanggaan Bobotoh.

"Kita berharap, bersama pelatih baru ini, Persib bisa bangkit untuk memburu target awal kita yaitu posisi empat Besar," kata Teddy.

Manajemen juga berharap, Bojan Hodak bisa segera bergabung dengan tim, pasalnya kompetisi Liga 1 musim 2023-2024 sedang bergulir dan saat ini akan memasuki pekan kelima.

Sebelum bergabung dengan Persib, dia menangani Kuala Lumpur FC yang sukses lolos ke final Piala Malaysia tahun ini, sebelum dikalahkan Johor Darul Ta'zom (JDT) di final.

Selain itu, Bojan Hodak sempat menangani salah satu klub Indonesia yakni PSM Makassar di Liga 1 tahun 2020. Namun, kiprahnya bersama PSM cukup singkat, karena kompetisi terpaksa dihentikan usai pekan ketiga akibat adanya pandemi Covid-19.

Selain runner-up Piala Malaysia musim ini, Bojan Hodak juga sempat mengantarkan Kelantan FA dan Johor Darul Ta'zim menjadi kampiun Liga Super Malaysia tahun 2012 dan 2014.

Kemudian, Bojan Hodak juga merasakan gelar juara Piala FA Malaysia dan Piala Malaysia bersama Kelantan FA pada 2012 dan 2013. 

Sementara itu, dengan direkrutnya Bojan Hodak, maka kursi pelatih Persib akan kembali terisi, setelah Luis Milla memutuskan untuk mundur dari jabatannya usai pertandingan pekan ketiga kompetisi Liga 1 musim 2023-2024.

Luis Milla, memutuskan meninggalkan tim kebanggaan Bobotoh, bukan karena desakan Bobotoh atau manajemen terkait penampilan skuad Maung Bandung di tiga laga awal Liga 1 2023-2024.

Walaupun, pada tiga pertandingan kompetisi Liga 1 2023-2024, Persib hanya mampu meraih hasil imbang. Namun, Luis Milla mundur dari tim kebanggaan Bobotoh karena alasan keluarga yang ada di negaranya Spanyol.

Faktor persoalan pribadi tersebut, menjadi alasan di balik pengambilan keputusan pelatih berusia 57 tahun ini. Sehingga, untuk bisa menyelesaikan persoalan itu, Luis Milla harus kembali ke Spanyol dan mencurahkan segenap perhatian dan konsentrasinya.

Setelah Luis Milla mundur, manajemen Persib menunjuk pelatih fisik Yaya Sunarya sebagai caretaker dibantu oleh pelatih kiper, Luizinho Passos dan asistennya I Made Wirawan.