Liga 1

Cristian Gonzales Kenang Hattrick Bersama Persib Bandung, Kode Balikan?

Senin, 24 Juli 2023 17:45 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
© simamaung.com
Mantan pemain Persib Bandung asal Uruguay (sudah naturalisasi) Cristian Gonzales. Copyright: © simamaung.com
Mantan pemain Persib Bandung asal Uruguay (sudah naturalisasi) Cristian Gonzales.

INDOSPORT.COM - Pemain naturalisasi timnas Indonesia, Cristian Gonzales, terkenang momen hattrick bersama Persib Bandung, apakah kode ingin balikan?

Cristian Gonzales merupakan pesepak bola Uruguay yang menikah dengan wanita Indonesia. Pada satu kesempatan, ia pun ditawari untuk bermain di Tanah Air.

Cristian Gonzales memulai karier bersama PSM Makassar di tahun 2003, sekaligus jalani program naturalisasi menjadi WNI dan akhirnya bisa membela timnas Indonesia.

Puncak penampilan Cristian Gonzales ialah saat membela Persik Kediri, berduet dengan Ronald Fagundez dan Danilo Fernando. Ia mengemas 102 gol dari 95 pertandingan.

Selesai mengabdi di Persik Kediri, Cristian Gonzales memilih bergabung dengan tim Persib Bandung pada 2008. Total 41 gol ia torehkan di klub hingga 2011.

Meski belum berhasil mempersembahkan gelar untuk Persib Bandung, Gonzales tetap meriah gelar individu sebagai top skor, bahkan ia sering mencatatkan hattrick.

Selepas membela Persib Bandung, Cristian Gonzales berturut-turut membela Persisam Putra Samarinda, Arema FC, PSS Sleman, PSIM Yogyakarta, dan Rans Nusantara FC.

Saat ini Gonzales dipinjamkan ke klub Liga 2 PSIM Yogyakarta. Namun karena kompetisi ini belum bergulir, pemain berusia 46 tahun itu mulai sering membuat konten di Instagram.

Salah satunya adalah konten QnA, di mana pemain berjuluk El Loco itu menjawab pertanyaan random. Terkini, Gonzales menjawab satu momen hattrick paling diingat bersama Persib.

Persib Bandung vs Deltras Sidoarjo

Cristian 'El Loco' Gonzales mengenang momen tak terlupakan bersama Persib Bandung, saat ia mencetak hattrick ke gawang Deltras Sidoarjo, 30 Mei 2009.

Pesta gol Maung Bandung dimulai oleh gol Atep di menit ke-7. Sekitar 20 menit berlalu, Deltras berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 berkat gol Dede Hugo Kunarko.

Petaka bagi Deltras Sidoarjo, sang pemain bertahan, Firmansyah, mendapatkan kartu merah dan diusir keluar lapangan. Persib memanfaatkan hal itu untuk menambah kedudukan.

Gilang Angga Kusumah mencatat namanya di papan skor pada menit ke-32, kemudian disusul Cristian Gonzales yang mencetak gol di menit ke-44 melalui sundulannya.

Memasuki babak kedua, Gonzales kembali mencetak gol di menit ke-59, serta penalti di menit ke-62. Momen itu cukup berkesan karena jadi hattrick pertama bagi El Loco di Persib.

Kemenangan Persib digenapkan oleh striker Brasil, Rafael Alves Bastos yang mencetak gol hanya berselang satu menit setelah masuk menggantikan Hilton Moreira di menit ke-70.

"Alhamdulillah waktu itu di Persib Bandung ada banyak hattrick, tapi yang paling saya ingat dulu waktu kita menang 6-1 melawan Deltras," ungkap Cristian Gonzales di Instagram.

Namun, Gonzales juga pernah mencatatkan gol bagi Persib, tetapi wasit malah menganulir gol itu karena ia dianggap offside, meski dari tayangan ulang ia tidak bersalah.

"Kalau saya ingat dulu Persib Bandung lawan (Persijap) Jepara, waktu itu kita menang 3-2," jawab Cristian Gonzales saat ditanya mengenai pengalaman offside paling lucu.

Melalui kolom komentar, banyak yang berharap Persib Bandung memiliki striker haus gol seperti Cristian Gonzales. Namun sang pemain saat ini terikat kontrak dengan Rans Nusantara dan dipinjamkan ke PSIM.