Liga 1

Alasan Madura United Pindah Homebase di Awal Liga 1 2023/2024

Kamis, 27 Juli 2023 20:40 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© MO Madura United
Madura United memulai pergeseran homebase secara awal pada Liga 1 musim 2023/2024. Dari yang sebelumnya berada di Pamekasan, kini ke Bangkalan. Copyright: © MO Madura United
Madura United memulai pergeseran homebase secara awal pada Liga 1 musim 2023/2024. Dari yang sebelumnya berada di Pamekasan, kini ke Bangkalan.

INDOSPORT.COM - Madura United memulai pergeseran homebase secara awal pada Liga 1 musim 2023/2024. Dari yang sebelumnya berada di Pamekasan, kini ke Bangkalan.

Ya, tim berjulukan Laskar Sape Kerrab ini memang punya dua kandang yang konsisten didaftarkan untuk mengarungi kompetisi sejak klub berdiri pada 2016 silam.

Homebase utama berada di Kabupaten Pamekasan. Yaitu Stadion Gelora Madura Ratu Pamelingan, dengan fasilitas, akses dan kapasitas yang lebih besar.

Sedangkan Stadion Gelora Bangkalan jadi homebase kedua Madura United, dengan kapasitas yang lebih kecil. Setidaknya, stadion itu bisa menampung 8 ribu penonton.

Perbedaan lainnya adalah dari segi akses bagi tim-tim away. Dengan bergeser ke Bangkalan, tim-tim lawan hanya menempuh perjalanan 1 jam dari Surabaya.

Biasanya, Madura United berpindah kandang ketika kompetisi memasuki pekan-pekan akhir atau ketika Bulan Ramadan. Namun musim ini, jadwal itu dipercepat.

"Madura memiliki dua stadion yang bagus. Sayang, jika tidak sama-sama digunakan," ucap Manajer Madura United, Umar Wachdin.

Di sisi lain, pemindahan home base ini juga sebagai upaya klub kebanggaan masyarakat di pulau garam untuk bersikap adil kepada para suporter setianya.

Pasalnya, para pendukung anak asuh Marcelo Rospide tak hanya berpusat di Pamekasan dan sekitarnya. Tapi juga di Bangkalan maupun Madura secara umum.

"Ini bagian untuk menunjukkan bahwa Madura United (adalah klub) milik kita bersama," sambung figur yang sebelumnya Manajer Marketing tersebut.