Bursa Transfer

5 Pemain Skandinavia Terbaik di Sejarah Manchester United, Rasmus Hojlund Berikutnya?

Senin, 31 Juli 2023 06:30 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© Michael Steele/EMPICS via Getty Images
Setelah menjalani saga yang cukup ramai, Rasmus Hojlund akhirnya di ambang peresmian kepindahannya ke Manchester United pada bursa transfer musim panas ini. Copyright: © Michael Steele/EMPICS via Getty Images
Setelah menjalani saga yang cukup ramai, Rasmus Hojlund akhirnya di ambang peresmian kepindahannya ke Manchester United pada bursa transfer musim panas ini.

INDOSPORT.COM - Setelah menjalani saga yang cukup ramai, Rasmus Hojlund akhirnya di ambang peresmian kepindahannya ke Manchester United pada bursa transfer musim panas ini.

Pemain berusia 20 tahun asal Denmark tersebut ditebus mahal, 75 juta Euro plus bonus, dari Atalanta usai mengemas sembilan gol dan dua assist dari 32 penampilan di musim debutnya di Liga Italia.

Dengan demikian beban Hojlund untuk sukses di Old Trafford semakin berat mengingat tidak cuma banderolnya saja yang membuat publik menaruh ekspektasi besar pada pundaknya namun juga karena sejarah emas pemain asal Skandinavia bersama Manchester United.

Banyak pilar sukses Setan Merah di era 90-an berasal dari wilayah Eropa Utara tersebut dan berikut adalah lima di antaranya. yang bisa menjadi inspirasi bagi Rasmus Hojlund.

1. Peter Schmeichel

Sepanjang sejarahnya, Manchester United banyak diperkuat kiper-kiper hebat seperti Alex Stepney, Edwin van der Sar, Fabien Barthez, sampai David de Gea namun tidak ada yang mengalahkan kebesaran Peter Schmeichel.

Suksesnya meraih 15 trofi termasuk treble winners di 1999 membuat The Great Dane adalah gold standard bagi stopper-stopper United di masa yang akan datang.

Hanya satu noktah hitam dalam karier Schmeichel di mata fans The Red Devils yakni ketika pahlawan Denmark di EURO 1992 itu adalah pensiun dalam kostum rival sekota mereka, Manchester City.

2. Henning Berg

Namanya mungkin tidak setenar Gary Neville atau Denis Irwin namun sosok Henning Berg tetap akan dikenang sebagai bagian dari era puncak kejayaan Manchester United pada 1999 dimana trofi Liga Inggris, Liga Champions, dan Piala FA dimenangkan sekaligus dalam semusim.

Berg adalah bek kanan serbabisa asal Norwegia dengan total 103 penampilan di segala ajang dalam tiga tahun pengabdiannya untuk Manchester Merah dari 1997 sampai 2000.

Ia lebih sering dijadikan pemain rotasi oleh manajer legendaris klub, Sir Alex Ferguson, namun kualitas yang dibawanya sudah cukup membuatnya dianggap sebagai cult hero oleh para loyalis Manchester United.