In-depth

Termasuk Mo Salah dan Joel Matip, 5 Pemain yang Bisa Ikut Jurgen Klopp Minggat Tinggalkan Liverpool

Sabtu, 12 Agustus 2023 16:30 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© REUTERS/Carl Recine
Isu jika Jurgen Klopp akan meninggalkan Liverpool masih beredar cukup kencang beberapa hari ini. (Foto: REUTERS/Carl Recine) Copyright: © REUTERS/Carl Recine
Isu jika Jurgen Klopp akan meninggalkan Liverpool masih beredar cukup kencang beberapa hari ini. (Foto: REUTERS/Carl Recine)

INDOSPORT.COM - Isu jika Jurgen Klopp akan meninggalkan Liverpool masih beredar cukup kencang beberapa hari ini.

Tidak puasnya sang manajer Jerman dengan kebijakan bursa transfer musim panas 2023 The Reds diduga jadi pemicu terkuat.

Liverpool memang sempat mendapat pujian usai bergerak cepat mengamankan dua bintang sekaligus dalam diri Alexis Mac Allister dan Dominik Szoboszlai.

Keduanya merapat ke Anfield bahkan sebelum bursa transfer resmik dibuka dengan gelontoran dana mencapai 112 juta Euro.

Lini tengah Liverpool memang butuh peremajaan masif usai sejak musim lalu terus dikritik dan pada akhirnya menyebabkan mereka gagal mencapai target finis empat besar di Liga Inggris 2022/2023.

Akan tetapi kedatangan Mac Allister dan Szoboszlai saja jelas tidak cukup mengingat sejumlah gelandang lama juga dilepas atau habis kontrak.

Berbondong-bondong Fabinho, Fabio Carvalho, Naby Keita, James Milner, Alex Oxlade-Chamberlain, hingga kapten Jordan Henderson mengangkat kopernya dari Merseyside dengan tujuan berbeda-beda.

Jelas kedalaman barisan sentral Liverpool langsung terlihat dangkal kembali terutama di sektor gelandang bertahan.

Romeo Lavia yang dikejar sejak awal bursa transfer tidak kunjung tiba meski sang pemain berasal dari Southampton, 'mitra' langganan Liverpool yang paling mudah menjual.

Terlebih The Saints musim lau terkena degradasi sehingga harusnya para pemain mereka termasuk Lavia bisa digaet dengan potongan harga.

Moises Caicedo kemudian giliran diincar dan dana 110 juta Pounds siap diatawarkan pada Brighton & Hove Albion namun malang karena yang bersangkutan lebih memilih Chelsea sebagai destinasi baru.

Tidak heran jika Jurgen Klopp kemudian muak dengan situasi ini. Padahal untuk bersaing di Liga Inggris yang berisikan Manchester City, Manchester United, Arsenal, dan Newcastle United yang musim lalu menunjukkan progres luar biasa butuh investasi besar.

Kontrak Klopp saat ini masih tersisa hingga Juni 2026 mendatang namun tidak menutup kemungkinan ia hengkang lebih cepat. Menangani tim nasional Jerman diketahui sudah menjadi impiannya sejak lama akan tetapi mengingat saat ini Hansi Flick masih bertugas sebagai nakhoda Der Panzer, Klopp harus menunggu.

Pindah dari ke Liverpool ke klub lain bisa menjadi opsi dan bukan kemustahilan bila langkah ini membuat sejumlah penggawa Si Merah ikut angkat kaki.

Entah itu mengikuti Klopp ke kebelasan baru maupun karena memang kontraknya akan segera habis dan kemungkinan besar tidak akan diperpanjang oleh pelatih pengganti. Berikut lima di antranya.