Liga 1

Tak Ada Penundaan Jadwal, Persis Solo Tantang Bali United Tanpa Messidoro

Rabu, 16 Agustus 2023 12:15 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Indra Citra Sena
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Striker Persis Solo, Fernando Rodriguez memprotes keputusan wasit pada laga pekan ketujuh Liga 1 2023/2024 melawan Persib Bandung di stadion Manahan, Selasa (08/08/23). Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Striker Persis Solo, Fernando Rodriguez memprotes keputusan wasit pada laga pekan ketujuh Liga 1 2023/2024 melawan Persib Bandung di stadion Manahan, Selasa (08/08/23).

INDOSPORT.COM - Pertandingan pekan ke-9 Liga 1 Indonesia 2023/24 antara Persis Solo vs Bali United akan tetap berlangsung pada Sabtu (19/8/23) malam. Tuan rumah dipastikan bakal tampil tanpa Alexis Messidoro.

Awalnya, pertemuan dua tim di Stadion Manahan Solo ini berpotensi ditunda karena Bali United mewakili Indonesia di Kualifikasi Liga Champions Asia 2023-2024.

Bali United melawan Lee Man FC di Stadion Nasional Hongkong pada Rabu (16/8/23). Jika menang, mereka akan menantang Urawa Red Diamonds di Stadion Saitama, Jepang, Selasa (22/8/23).

Ternyata, keinginan pemain Bali United agar laga melawan Persis Solo ditunda tak terpenuhi. Media Officer Bryan Barcelona, menyebut tidak ada perubahan jadwal dari PT Liga Indonesia Baru (LIB).

Bona, sapaan akrabnya, juga sudah berkomunikasi dengan pihak Bali United. Rombongan akan bertolak ke Solo setelah duel melawan Lee Man FC.

"Sampai hari ini masih on schedule. Dari Bali United sudah menanyakan jadwal PMPC (Pre Match Press Conference)," kata Bryan Barcelona saat dikonfirmasi INDOSPORT, Rabu (16/8/23) pukul 10.00 WIB.

Hal ini pun turut dikonfirmasi Media Officer Bali United, Alexander Maha Putera Oemanas. Belum ada perubahan jadwal sampai dengan pukul 10.30 WIB. "Iya benar, tetap sesuai jadwal awal," ucapnya singkat.

Di tengah agenda super padat Bali United, sejatinya Persis Solo juga tak diuntungkan. Pasalnya, dari hasil Magnetic Resonance Imaging (MRI), Alexis Messidoro dipastikan absen.

Gelandang asal Argentina ini mengalami masalah pada strain hamstring sinistra di kaki kiri. Diagnosa pembanding juga menunjukkan adanya myositis tau radang pada otot.

Dokter tim Persis Solo, Iwan Wahyu Utomo, memastikan Messidoro harus beristirahat paling sedikit satu pekan sejak hasil MRI keluar, Selasa (15/8/23) sore.

"Istirahat antara satu sampai dua pekan atau tergantung rasa nyeri serta penanganan pasca-cedera," ungkap dr. Iwan Wahyu Utomo.

Absennya Messidoro jelas akan menjadi masalah serius bagi Persis Solo. Dalam delapan pertandingan, Messidoro mencatatkan satu gol dan lima assist.

Situasi bertambah sulit karena tiga pilar dipanggil timnas Indonesia U-23. Ketiganya adalah Ramadhan Sananta, Irfan Jauhari, dan Muhammad Kanu Helmiawan.

Setiap Ramadhan Sananta tak memulai laga dari menit pertama, Persis Solo selalu kesulitan mencetak gol. Mereka hanya mencetak satu gol dalam tiga pertandingan, itu pun lewat penalti Messidoro.

Fernando Rodriguez dan David Gonzalez selalu gagal mencetak gol ketika berduet. Padahal, keduanya sama-sama berasal dari Spanyol yang bisa memahami karakter bermain maupun bahasa.

Persis Solo memiliki dua sesi latihan lagi untuk mempersiapkan strategi tanpa Alexis Messidoro. Mereka butuh kemenangan agar bisa naik ke papan tengah Liga 1 2023-2024 lagi.

Saat ini, Persis Solo masih nangkring di urutan ke-14 dengan perolehan 9 poin dari delapan pertandingan, sementara Bali United ada di peringkat ke-5 (14 poin).