Liga Inggris

Jurgen Klopp Ungkap Peran Rahasia Wataru Endo di Liverpool

Jumat, 18 Agustus 2023 12:20 WIB
Penulis: Agustinus Rosario | Editor: Prio Hari Kristanto
© Bundesliga
Jurgen Klopp, pelatih klub Liga Inggris (Premier League), Liverpool, mengungkap peran rahasia Wataru Endo musim depan. Copyright: © Bundesliga
Jurgen Klopp, pelatih klub Liga Inggris (Premier League), Liverpool, mengungkap peran rahasia Wataru Endo musim depan.

INDOSPORT.COM - Jurgen Klopp, pelatih klub Liga Inggris (Premier League), Liverpool, mengungkap peran rahasia Wataru Endo musim depan.

Liverpool selangkah lagi berhasil mengamankan pemain anyar mereka, Wataru Endo. Pemain berpaspor Jepang tersebut didatangkan dari VfB Stuttgart dengan mahar 16 juta pounds.

Wataru Endo selama ini dikenal sebagai seorang gelandang bertahan, posisi yang sejauh ini menjadi titik lemah Liverpool usai ditinggal sederet pemain senior.

Liverpool telah mencoba menambal lubang tersebut dengan berupaya mendatangkan Moises Caicedo dan Romeo Lavia. Namun, rencana ini gagal setelah kedua pemain tersebut merapat ke Chelsea.

Dengan usia menginjak 30 tahun, banyak yang menilai pembelian Wataru Endo kurang tepat. Pasalnya, di usia yang menginjak kepala tiga, kemampuan fisik dan kerentanan Wataru Endo pada cedera bisa menjadi kerugian bagi Liverpool.

Namun, hal ini ditepis oleh sang pelatih, Jurgen Klopp. Ia telah menyiapkan tugas khusus untuk sang pemain, yakni menggantikan sosok James Milner.

"Bagaimana kami mengakhiri pertandingan, selalu James Milner yang masuk, dan menyelesaikan laga dengan cara yang super-profesional," ujar Jurgen Klopp, dikutip dari Liverpool Echo.

"Pada akhirnya, dalam beberapa pekan dan bulan terakhir, dia lebih sering menyelesaikan pertandingan. Kami punya pemain-pemain untuk peran itu. Mereka yang muda kami butuhkan untuk membuka pintu. Sebagai tim, kami ingin melakukan semua sesuai rencana," imbuh Jurgen Klopp.

Dengan demikian, kemungkinan besar Wataru Endo memiliki peran yang kurang lebih sama dengan James Milner, yakni sebagai jembatan antara pemain muda dan senior.

Ya, Wataru Endo mungkin bukan pemain investasi jangka panjang seperti Moises Caicedo, Romeo Lavia, atau bahkan Aurelien Tchouameni. Namun, pemain berpaspor Jepang tersebut akan menjadi James Milner baru, yang berperan penting sebagai penghubung pemain antargenerasi.