Liga Champions

Jumpa Bayern Munchen di Grup A Liga Champions, Manchester United Ulangi Memori Treble 1999

Jumat, 1 September 2023 12:40 WIB
Penulis: Edo Bramantio | Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© Getty Images
Manchester United bakal mengulangi kenangan Treble saat mereka sukses mengalahkan Bayern Munchen di final Liga Champions 1998/99. Copyright: © Getty Images
Manchester United bakal mengulangi kenangan Treble saat mereka sukses mengalahkan Bayern Munchen di final Liga Champions 1998/99.

INDOSPORT.COM - Manchester United bakal mengulangi kenangan Treble saat mereka sukses mengalahkan Bayern Munchen di final Liga Champions 1998/99.

Undian Liga Champions 2023/24 sudah selesai. Manchester United masuk ke dalam Grup A bersama Copenhagen, Galatasaray, dan Bayern Munchen.

Di Liga Champions 1998/99, Setan Merah pernah berhadapan dengan Munchen di Grup D. Dalam dua leg, United dan Munchen hanya mendapat hasil imbang 2-2 dan 1-1.

Kala itu, Sir Alex Ferguson masih menjadi pelatih dan skuad Manchester United berisikan nama-nama seperti Ole Gunnar Solskjaer, David Beckham, Ryan Giggs, Gary Neville, dan lain-lain.

Menariknya, keduanya kembali berhadapan di partai final yang berakhir dengan skor 2-1 untuk kemenangan Manchester United.

Di final, Setan Merah melakukan comeback dramatis setelah tertinggal 1-0 sampai 90 menit penuh. Untungnya, Teddy Sheringham mencetak gol di menit krusial 90+1'.

Skor imbang 1-1 membuat pasukan Alex Ferguson makin beringas. Mereka pun mencetak gol ke-2 oleh Solskjaer di menit 90+3'.

Keunggulan 2-1 ini tak mampu dikejar oleh Die Roten. Akhirnya, laga berakhir dan Manchester United berhak mengangkat trofi bergengsi Liga Champions 1998/99.

Di musim yang sama, Manchester United juga meraih trofi Premier League dan Piala FA. Sehingga, mereka mendapatkan apa yang disebut 'Treble Winner'.

Status Treble ternyata menjadi yang pertama kalinya diraih oleh sebuah tim dari Liga Inggris. Sebelum Manchester United, belum ada yang bisa mendapatkannya sebelum Manchester City jadi tim kedua pada 2022/2023 lalu.

Dengan kenangan tersebut, Manchester United ibarat mengulang nostalgia saat mereka melawan Bayern Munchen di Liga Champions 2023/24 di Grup A.