Liga Champions

Menakar Peluang Royal Antwerp Bersaing di Tengah Kepungan Raksasa Liga Champions

Jumat, 1 September 2023 22:55 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Indra Citra Sena
© Royal Antwerp FC
Logo klub Belgia, Royal Antwerp. Copyright: © Royal Antwerp FC
Logo klub Belgia, Royal Antwerp.

INDOSPORT.COM - Royal Antwerp FC jadi satu dari dua klub debutan selain FC Union Berlin yang berlaga di Liga Champions 2023/24.

Tim berjulukan The Great Old alias Si Tua Yang Hebat ini datang dengan predikat cukup mentereng usai menjuarai Liga Belgia musim lalu.

Sebelum membahas seberapa besar peluang mereka bersaing, ada baiknya sedikit kilas balik perihal perjalanan Royal Antwerp hingga menjejak fase grup Liga Champions 2023/24.

Royal Antwerp meraih tiket Liga Champions berkat status juara Liga Belgia. Prestasi itu merupakan yang kelima setelah 1929, 1931, 1944, dan 1957.

Mulanya, Antwerp sama sekali tak diunggulkan juara. Namun, target mereka berubah seiring menempati peringkat ketiga klasemen akhir Liga Pro Belgia dengan raihan 72 poin.

Tim yang saat itu ditangani Bernd Hollerbach lantas melaju ke play-off juara. Tanpa diduga, mereka malah menjadi yang terbaik dari empat peserta.

Royal Antwerp lantas ditahbiskan sebagai juara dengan total raihan 47 poin dari 40 laga, di atas Genk (46), Union Saint-Gilloise (46), dan Club Brugge (36).

Hebatnya, mereka juga menyandingkan dua gelar bergengsi lain. Antwerp menyabet trofi Piala Belgia dengan mengandaskan KV Mechelen 2-0 dan menang adu penalti 5-4 atas tim yang sama di Piala Super Belgia 2023.

Sedangkan di Liga Champions, Antwerp melaju ke fase grup dari babak play-off. Tim yang kini ditangani legenda Barcelona, Mark Van Bommel, itu menang dalam 2 leg.

Toby Alderweireld dkk. mengalahkan wakil Yunani, AEK Athena 1-0 pada leg pertama (23 Agustus) dan 2-1 di leg kedua (30 Agustus). Sehingga agregatnya menjadi 3-1.