Liga Inggris

Rumor Transfer Liga Inggris: Liverpool Ketar-ketir Pertahankan Salah, Chelsea ‘Asal’ Belanja

Senin, 4 September 2023 04:19 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Juni Adi
© REUTERS/Molly Darlington
Pemain Liverpool, Mohamed Salah, coba melepaskan tendangan ke gawang Wolverhampton Wanderers di Liga Inggris. Copyright: © REUTERS/Molly Darlington
Pemain Liverpool, Mohamed Salah, coba melepaskan tendangan ke gawang Wolverhampton Wanderers di Liga Inggris.

INDOSPORT.COM - Bursa transfer musim panas Liga Inggris 2023/24 telah resmi ditutup pada 1 Oktober. Sejumlah klub pun amankan buruan pada menit-menit akhir.

Manchester United harus menunggu sampai detik terakhir penutupan bursa untuk menyelesaikan kesepakatan gelandang Fiorentina, Sofyan Amrabat. Ia didatangkan dengan status pinjaman hingga akhir musim.

Setan Merah membayar Fiorentina 10 juta Euro untuk peminjaman Amrabat, dengan opsi beli senilai 20 juta euro plus 5 juta Euro dalam bentuk add-ons jika klub ingin gelandang asal Maroko itu bertahan.

“Kesepakatan untuk memboyong Sofyan Amrabat ke Manchester United tidak pernah dekat dengan kata kolaps,” ungkap jurnalis Italia, Fabrizio Romano melalui CaughtOffside.

Selain Amrabat, Man United juga berhasil datangkan dua pemain di lini pertahanan yakni Sergio Reguilon untuk pos bek kiri dan Altay Bayindir di bawah mistar gawang.

Mereka bergabung dengan nama baru lainnya yang direkrut musim panas ini seperti Mason Mount, Rasmus Hojlund, Andre Onana dan Jonny Evans.

Di sisi lain, Fabrizio Romano melaporkan Man United gagal lakukan transfer keluar dimana Scott McTominay menolak kepindahan ke Fulham pada detik-detik terakhir penutupan bursa transfer musim panas 2023.

Tim asuhan Erik ten Hag hanya melepas satu pemain yakni Mason Greenwood ke klub Spanyol, Getafe dengan status pinjaman. 

Rival Manchester United, Manchester City berhasil mengamankan gelandang, Matheus Nunes dari Wolves senilai 53 juta Pound. 

Sebelumnya tim asuhan Pep Guardiola mendatangkan Josko Gvardiol (RB Leipzig), Jeremy Doku (Rennes), Matheus Nunes (Wolves), Mateo Kovacic (Chelsea) dan Spike Brits (AFC Wimbledon).

Meski telah amankan sejumlah nama seperti Dominik Szoboszlai (RB Leipzig), Alexis Mac Allister (Brighton), Wataru Endro (Stuttgart) dan Ryan Gravenberch (Ajax Amsterdam), Liverpool ternyata masih ketar-ketir.

Winger The Reds, Moh Salah tengah diincar klub Arab Saudi, Al Ittihad. Jurgen Klopp jelas dibuat pusing tujuh keliling, apalagi bursa transfer musim panas 2023 di Arab Saudi baru tutup pada 20 September.

Al Ittihad sempat tawarkan 150 juta Pounds, tapi ditolak dan kabarnya kembali dengan tawaran yang lebih tinggi.

Mengantisipasi kepergian Salah, Liverpool dilaporkan siap menggelontorkan duit Rp1 triliun guna menebus winger baru Aston Villa, Moussa Diaby, sebagai suksesor Mohamed Salah.

Chelsea telah menggelontorkan 464 juta Euro, tapi belum layak dianggap sebagai penantang gelar Liga Inggris musim ini.

Pelatih Mauricio Pochettino menyatakan kekecewaan terkait kebijakan transfer. Teranyar, dia menyatakan tidak memberi ide perekrutan Palmer dari Manchester City senilai 47 juta Euro.