Timnas Indonesia

Laga Krusial, 3 Pemain Turkmenistan yang Mesti Diwaspadai Timnas Indonesia U-23

Senin, 11 September 2023 19:14 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Indra Citra Sena
© Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT
Timnas Indonesia U-23 vs Turkmenistan. Copyright: © Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT
Timnas Indonesia U-23 vs Turkmenistan.

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia U-23 tinggal selangkah lagi berlaga di putaran final Piala Asia 2024. Namun, masih tersisa satu laga pamungkas Kualifikasi Grup K.

Timnas Indonesia U-23 memimpin klasemen Kualifikasi Piala Asia 2024 Grup K berbekal keunggulan selisih gol seiring kemenangan telak 9-0 atas Taiwan, Sabtu (9/9/23), yang berujung pada raihan tiga poin. 

Sedangkan Turkmenistan U-23 juga mengoleksi poin yang sama, menempel ketat di posisi runner-up klasemen setelah menang 4-0 atas Taiwan, 6 September lalu.

Kini, kedua tim harus saling jegal untuk memperebutkan satu tiket ke Qatar, tuan rumah Piala Asia 2024, sebagai juara grup. Lantas, siapa saja pemain Turkmenistan yang mesti diwaspadai timnas Indonesia U-23?

1. Yhlas Toyjanov

Bek berusia 22 tahun ini bakal menjadi benteng tangguh dalam upaya Ramadhan Sananta dkk. membongkar pertahanan Turkmenistan dalam laga nanti.

Toyjanov tampil begitu taktis kala timnya melumat Taiwan 4-0 di laga pertama Kualifikasi Piala Asia U-23 Grup K di Stadion Manahan Solo, Rabu (6/9/23).

Di skuat U-23, Yhlas Toyjanov juga mencatat jam terbang cukup tinggi. Dia tampil dalam tiga laga babak penyisihan grup dan mengantar timnya ke fase gugur Piala Asia 2022.

Sedangkan di level klub, dia juga mengoleksi trofi juara kompetisi Liga Turkmenistan 2021 dan runner-up musim 2022 saat membela FK Altyn Asyr.

2. Rahman Myratberdiyev

Gelandang berusia 22 tahun ini menjadi pengisi lini tengah paling berpengalaman di skuat Turkmenistan U-23 melalui sejumlah catatan penampilan internasional.

Kiprahnya bahkan dimulai di timnas senior ketika babak kualifikasi Piala Dunia. Rahman Myratberdiyev tampil dalam dua laga vs Korea Selatan (0-5) dan lawan Lebanon (3-2).

Sedangkan kiprahnya di tim U-23 terbilang sukses saat mengantarkan Turkmenistan melaju ke babak gugur dalam Piala Asia 2022.

Karakter permainan taktisnya tentu diperlukan saat bertemu Indonesia. Yang menjadi nilai plus, Myratberdiyev punya kemampuan melepas umpan-umpan terukur ke jantung pertahanan lawan.