Timnas Indonesia

Asian Games 2022: Pemain Matang di Liga, Indra Sjafri Full Senyum Jelang Lawan Kirgistan

Sabtu, 16 September 2023 18:55 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Latihan Timnas Indonesia U-24 jelang ke Asian Games 2023 di Lapangan A Senayan, Jumat (15/09/23). Latihan baru diikuti 15 pemain. (Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT) Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Latihan Timnas Indonesia U-24 jelang ke Asian Games 2023 di Lapangan A Senayan, Jumat (15/09/23). Latihan baru diikuti 15 pemain. (Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT)

INDOSPORT.COM - Pelatih timnas Indonesia U-24, Indra Sjafri, optimistis dengan para pemain yang dibawa ke Asian Games 2022. Dari 22 nama yang dipanggil, sebagian besar adalah andalan di klub masing-masing.

Pada Asian Games 2022, Indonesia tergabung di Grup F bersama Korea Utara, Kirgistan, dan Taiwan. Laga pertama dimainkan 19 September nanti melawan Kirgizstan, lalu Taiwan (21 September), dan Korea Utara (24 September). 

Asian Games 2022 untuk cabang olahraga (cabor) sepak bola akan berlangsung mulai 19 September hingga 8 Oktober di Hangzhou, China.

Timnas U-24 pun berangkat ke Negeri Tirai Bambu pada Sabtu (16/9/23) dengan membawa 16 pemain. Enam pemain lain akan menyusul karena masih bermain di kompetisi nasional.

Jelang laga perdana kawan Kirgizstan, Indra Sjafri cukup pede karena kondisi fisik para pemain sangat bagus. Ketika tes fisik dan medis, semuanya bahkan menunjukan kebugaran.

“Ini kan pemain-pemain yang sudah mengikuti kompetisi yang panjang. 80 persen mereka adalah pemain-pemain yang bermain di kompetisi,” buka Indra Sjafri.

“Hal pertama yang kami lakukan sebagai pelatih adalah mengecek secara medical, siapa yang injury siapa yang tidak. Kedua tingkat kebugaran dan alhamdulillah kebugaran meraka dalam keadaan baik, hampir rata-rata vo2max mereka 60 bahkan ada yang sampai 65,” imbuhnya.

“Ini hal bagus, berarti sepak bola kita  makin lama makin bagus dan makin diyakini bahwa kompetisi adalah tempatnya pembinaan pemain, klub adalah pabriknya pemain,” tambah pelatih asal Sumatera Barat itu. 

Indra Sjafri bersyukur karena para pemain yang dibawa ke Asian Games 2022 punya jam terbang yang tinggi di kompetisi. Itu yang membuatnya tak perlu lalukan pemusatan latihan jangka panjang.

“Alhamdulillah, bahkan pemain ada yang belum bergabung dan kami memberanikan diri untuk membawa tim ini, kenapa? Karena mereka adalah pemain-pemain yang sudah disiapkan dengan baik di klub,” jelasnya.