Timnas Indonesia

Malaysia Akui STY Selevel Kim Pan-gon Usai Bawa Timnas Meroket di Ranking FIFA

Minggu, 17 September 2023 10:00 WIB
Penulis: Martini | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (kiri). Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT. Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (kiri). Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT.

INDOSPORT.COM - Media Malaysia akui Shin Tae-yong selevel Kim Pan-gon, karena kedua pelatih sama-sama sukses membawa Timnas Indonesia dan Malaysia meroket di ranking FIFA.

Beberapa hari yang lalu, Shin Tae-yong sukses membawa Timnas Indonesia U-23 melangkah ke Piala Asia U-23 2024, untuk pertama kali dalam sejarah turnamen ini.

Selain skuad U-23, Shin Tae-yong juga sukses mengantarkan Timnas Indonesia U-20 hingga timnas senior menembus Piala Asia di era yang bersamaan.

Sampai saat ini, belum ada satu pun pelatih Timnas Indonesia yang bisa menyamai rekor STY. Ia melewati pencapaian para pelatih terdahulu, Aji Santoso, Indra Sjafri, dan Luis Milla.

Pelatih asal Korea Selatan itu juga sukses menaikkan ranking FIFA Timnas Indonesia secara bertahap selama dua tahun terakhir.

Pada September 2021, Timnas Indonesia berada di ranking 175. Satu bulan berselang, Skuad Merah Putih pun naik 10 tangga jadi posisi 165.

Memasuki bulan Agustus 2022, Timnas Indonesia naik lagi ke peringkat 155 dunia. Garuda terus merangkak ke posisi 150 saat menghadapi Argentina di FIFA Matchday tahun ini.

Teranyar, setelah menghadapi Turkmenistan di bulan September 2023, Timnas Indonesia kembali naik ke peringkat 147 dunia. Dalam waktu 2 tahun, Garuda naik 28 peringkat.

Maka dari itu, akun media sosial populer di Malaysia, @atukbola memuji Shin Tae-yong dan dianggap selevel dengan pelatih Timnas Malaysia asal Korea Selatan, Kim Pan-gon.