Bola Internasional

J.League Gandeng Manga Blue Lock Rayakan Momen Spesial Ulang Tahun ke-30

Selasa, 19 September 2023 21:04 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
© J.League
J1 League merayakan ulang tahun ke-30 Copyright: © J.League
J1 League merayakan ulang tahun ke-30

INDOSPORT.COM - J1 League merayakan ulang tahun ke-30 musim ini. Liga sepak bola profesional di Jepang ini kali pertama bergulir pada tahun 1993 lalu.

Dalam rangka merayakan momen spesial ini, J.League menggandeng serial manga/anime sepak bola yang mengguncang dunia, Blue Lock.

Ditulis oleh Muneyuki Kaneshiro dan digambar oleh Yusuke Nomura, Blue Lock menjadi salah satu manga paling laris di Jepang sejak kemunculannya pada tahun 2018 lalu, terjual hingga 28 juta kopi hingga pertengahan 2023.

Tak hanya itu, serial anime adaptasi yang tayang mulai Oktober 2022 lalu juga semakin membuat Blue Lock dikenal dunia.

Blue Lock bercerita tentang usaha Federasi Sepak Bola Jepang untuk bisa memperbaiki prestasi Samurai Biru usai hasil mengecewakan di gelaran Piala Dunia 2018.

Bekerja sama dengan Ego Jinpachi, mereka membuat rencana bernama Blue Lock, dengan tujuan membuat penyerang penuh ego yang bisa menjadi striker terbaik di dunia, agar bisa dimanfaatkan oleh Jepang.

Persamaan inilah yang membuat J.League menggandeng Blue Lock untuk bekerja sama, keduanya sama-sama punya tujuan untuk menggemparkan dunia lewat sepak bola ala Negeri Matahari Terbit.

Dalam kerja sama ini, akan ada pernak-pernik bertema Blue Lock untuk setiap klub-klub J.League.