Liga 1

3 Fakta Mencengangkan Pasca Persija Ditahan Imbang Bali United

Senin, 25 September 2023 22:15 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Juni Adi
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Selebrasi pemain Persija usai Ondrej Kudel berhasil mencetak gol ke gawang Bali United pada laga pekan ke-13 Liga 1 2023/2024 di Stadion Patriot, Minggu (24/09/23). Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Selebrasi pemain Persija usai Ondrej Kudel berhasil mencetak gol ke gawang Bali United pada laga pekan ke-13 Liga 1 2023/2024 di Stadion Patriot, Minggu (24/09/23).

INDOSPORT.COM - Persija Jakarta bermain imbang 1-1 kontra Bali United pada pekan ke-13 Liga 1 2023/24, Minggu (24/09/23) di Stadion Patriot, Bekasi. Sejumlah kejadian menarik pun terekam pada laga semalam.

Bali United unggul lebih dahulu lewat gol Rahmat Arjuna Reski pada menit ke-12. Dia lepas dari jebakan offside dan mengecoh Andritany Ardhiyasa dengan aksi mengcongkel bola dan menyelesaikannya secara tenang.

Persija butuh waktu hingga menit ke-74 untuk samakan kedudukan jadi 1-1. Bek asing, Ondrej Kudela mampu bobol gawang Bali United lewat sepakan keras dari luar kotak penalti.

Dengan hasil tersebut, Persija tertahan diperingkat delapan klasemen sementara Liga 1 2023. Tim Macan Kemayoran koleksi 18 poin dari 13 pertandingan.

Sementara Bali United berada diurutan 12 dengan raihan 18 poin dari 13 pertandingan.  

Terlepas dari hasil tersebut, ada sejumlah momen atau fakta penting yang terekam pada laga Persija vs Bali United, apa saja? Berikut ulasan INDOSPORT

Thomas Doll dan Riko Simanjuntak Ngamuk ke Wasit

Riko Simanjuntak sangat kesal terhadap kepemimpinan wasit Aidil Azmi yang memimpin pertandingan lawan Bali United. Sang pengadil lapangan dianggap sering membiarkan pemain Bali United melakukan pelanggaran. 

Riko bahkan membawa foto pelanggaran oleh Bali United, saat momen Witan Sulaeman terlihat ditekel di dalam kotak penalti, tapi wasit hanya memberikan tendangan bebas untuk Persija.

"Saya sempat ngomong ke wasit beberapa kali (kalau) saya ditarik (dilanggar). Saya bicara ke wasit, 'kamu lihat tidak, bagaimana kamu memimpin'. Katanya enggak (pelanggaran), kamu cuma jatuh.

"Saya komplain, saya minta wasit melihat (tayangan ulang). Katanya, kalau kamu diinjak, kamu enggak bisa jalan bagus, padahal seharusnya wasit itu melindungi pemain," kata Riko Simanjuntak.

Riko menjelaskan, ini untuk pertama kalinya dia berbicara keras soal wasit. Dia sudah sangat kesal dengan wasit-wasit yang dianggap terus merugikan Persija. 

Sementara itu, Thomas Doll juga tidak terima dengan keputusan wasit yang buruk pada laga semalam. Ia bahkan menilai Persija kerap dirugikan dalam enam laga terakhir. 

“Dalam enam laga terakhir kita gak pernah dapat penalti, padahal itu jelas penalti. Itu 1 meter dalam kotak, saya gak ngerti kenapa wasit tidak beri penalti,” ujarnya.

“Saya protes ke wasit mereka hanya senyum, para pemain juga protes di bench, menanyakan hal sama, tapi tidak ditanggapi, padahal itu penalti. Saya kecewa dengan wasit,” tegas juru taktik asal Jerman itu.