In-depth

Romansa Albania dan Liga Italia, Wajah Baru Pemain Balkan di Kasta Elite Eropa

Selasa, 26 September 2023 13:30 WIB
Editor: Subhan Wirawan
© fshf.org
Skuat Albania di ajang Kualifikasi Euro 2024 Copyright: © fshf.org
Skuat Albania di ajang Kualifikasi Euro 2024

INDOSPORT.COM – Dalam beberapa dekade terakhir, Liga Italia jadi salah satu panggung besar buat para pemain Albania membuktikan eksistensi serta kapasitas mereka di kompetisi elite Eropa.

Albania sendiri merupakan salah satu negara wilayah Balkan atau bagian semenanjung Eropa sebelah tenggara yang resmi mendapat konstitusi pada 28 November 1998.

Setelah jadi negara kesatuan, Albania terutama pada sektor olahraga dan sepak bolanya langsung menggeliat.

Sejak bergabung dengan FIFA pada tahun 1932, perlahan tapi pasti kekuatan sepak bola Albania mulai jadi sorotan di ranah Eropa.

Terbukti pada tahun 2023 ini, Timnas Albania mampu bertengger di peringkat 62 FIFA dengan torehan 1377.47 poin.

Bahkan dari total lima pertandingan Kualifikasi Euro 2024, Timnas Albania baru telah satu kekalahan dan torehkan tiga kemenangan.

Hasil tersebut membuat Albania bertengger kokoh di klasemen Grup E, mengungguli beberapa tim langganan Piala Eropa seperti Republik Ceko dan Polandia.

Berbicara soal kekuatan timnas, skuat Albania saat ini cukup banyak berisikan para pemain-pemain yang mentas di Liga Italia.

Dari laman resmi FSHF atau induk sepak bola Albania, setidaknya ada delapan pemain dari Liga Italia yang memperkuat Timnas Albania saat ini.

Dalam sejarahnya, Albania memang jadi salah satu opsi buat klub-klub Liga Italia untuk mencari pemain-pemain berkualitas dengan harga murah.