Bursa Transfer

Respons Mikel Arteta Usai Arsenal Dikaitkan dengan Ivan Toney, Bakal Angkut?

Kamis, 28 September 2023 04:30 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© REUTERS/Hannah Mckay
Ivan Toney, striker Brentford. Foto: REUTERS/Hannah Mckay Copyright: © REUTERS/Hannah Mckay
Ivan Toney, striker Brentford. Foto: REUTERS/Hannah Mckay

INDOSPORT.COM - Arsenal mengarungi 6 pekan awal Liga Inggris (Premier League) dengan start mulus setelah berada di posisi 5 besar klasemen dengan mengoleksi 14 angka.

The Gunners membuktikan diri layak bersaing kembali di jalur juara Liga Inggris dengan status tak terkalahkan, meraih 4 kali kemenangan, 2 kali imbang dan belum terkalahkan.

Namun, banyak pengamat EPL bilang bahwa lini serang Arsenal kurang tokcer. Buktinya, Arsenal hanya melesakkan 11 gol dari 5 laga EPL.

Statistik ini paling minim dibandingkan tim-tim penghuni big 5 klasemen EPL. Bahkan, Brighton Hove & Albion jadi tim terproduktif dengan lesakan 18 gol di peringkat 3.

Situasi ini lantas memunculkan isu yang menyebut Arsenal segera berbelanja lagi pada bursa transfer musim dingin, Januari 2024 mendatang.

Salah satu pemain yang kini dikaitkan adalah Ivan Toney. Striker Timnas Inggris yang bermain untuk Brentford itu disebut sebagai opsi yang tepat untuk lini serang Arsenal.

"Mereka butuh penyerang tengah (target man). Hanya Ivan Toney yang tersedia pada Januari," tutur Paul Merson dalam kolomnya di Sky Sports Selasa (26/9/23).

Indikasi itu tercermin dari bagaimana statistik para striker Arsenal musim ini. Dari 6 striker yang dimiliki, baru 4 pemain yang mencetak gol di EPL.

Bukayo Saka menjadi top skorer tim dengan 3 gol disusul Gabriel Nketieh (2 gol). Sedangkan  Gabriel Jesus dan Trossard menyumbangkan 1 gol. 

"Tidak banyak striker murni di dunia. Pemain di posisi ini tergolong langka. Dan (Ivan) Toney adalah pemain yang bagus," imbuh Paul Merson.