In-depth

Bedah Kualitas Ivan Toney, Striker Panggilan untuk Klub yang Butuh Gol

Minggu, 1 Oktober 2023 17:39 WIB
Editor: Juni Adi
© REUTERS/Hannah Mckay
Ivan Toney, striker Brentford. Foto: REUTERS/Hannah Mckay. Copyright: © REUTERS/Hannah Mckay
Ivan Toney, striker Brentford. Foto: REUTERS/Hannah Mckay.

INDOSPORT.COM - Ivan Toney menjadi komoditi panas jelang bursa transfer musim dingin karena konsistensi mencetak golnya. Ia pun diminati beberapa klub papan atas Liga Inggris (Premier League).

Jendela bursa transfer saat ini memang sudah ditutup tetapi pergerakan sejumlah klub mulai terlihat guna menyambut periode transfer pertengahan musim atau musim dingin.

Liga Inggris menjadi salah satu ekosistem sepak bola yang selalu ramai di setiap jendela transfer dibuka, karena persaingan merebut gelar yang sengit sehingga klub membutuhkan amunisi tambaha untuk mengarungi sisa kompetisi.

Saat ini terdapat beberapa klub yang membutuhkan pemain tambahan untuk menambah kekuatan tim, di antaranya Arsenal, Chelsea hingga Manchester United.

Ketiganya masih belum tampil konsisten meski kompetisi sudah berjalan enam pertandingan. Masalah yang kerap timbul adalah lini depan mulai tumpul karena pemain andalan mengalami cedera.

Oleh sebab itu kebanyakan klub mencari amunisi tambahan adalah pemain bernaluri menyerang atau striker. Salah satu yang selalu jadi komoditi panas yaitu Ivan Toney.

Musim lalu, bomber berusia 27 tahun itu  tampil cukup menawan dengan membuat 21 gol dari 35 pertandingan di semua kompetisi. Ia menjadi salah satu pemain asal Inggris yang torehan golnya konsisten, bersama Harry Kane.

Kelihaian Ivan Toney dalam membuat gol sudah ia lakukan saat masih bermain di League One bersama Peterborough pada musim 2019/20.

Ia mencetak 24 gol hanya dalam 32 pertandingan . Toney mencatatkan 31 gol dan 10 assist pada musim berikutnya saat Brentford promosi dari Championship, dan tidak mengalami kesulitan untuk naik ke kasta tertinggi, mencetak 12 gol di musim perdana Liga Inggris.

Kualitas Toney pun mendapat atensi dari pelatih timnas Inggris, Gareth Southgate. Bisa saja lebih banyak lagi jika bukan karena Toney menerima hukuman larangan bermain sepakbola selama delapan bulan karena melanggar peraturan taruhan. 

Skorsing ini akan berakhir pada 15 Januari, oleh sebab itu ia belum mencatatkan pertandingan musim ini untuk Brentford.