In-depth

Jordi Amat: Andalan Spanyol di Piala Dunia U-17 yang Jadi Pilar Timnas Indonesia

Minggu, 1 Oktober 2023 21:55 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Mengenang kisah Jordi Amat yang sempat jadi andalan Spanyol di Piala Dunia U-17 2009 dan kini jadi pilar di Timnas Indonesia. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Mengenang kisah Jordi Amat yang sempat jadi andalan Spanyol di Piala Dunia U-17 2009 dan kini jadi pilar di Timnas Indonesia.

INDOSPORT.COM - Mengenang kisah Jordi Amat yang sempat jadi andalan Spanyol di Piala Dunia U-17 2009 dan kini jadi pilar di Timnas Indonesia.

Gegap gempita Piala Dunia U-17 2023 kian terasa di Indonesia selaku tuan rumah penyelenggaraan pada November hingga Desember mendatang.

Aroma Piala Dunia U-17 2023 ini terasa dari persiapan Timnas Indonesia U-17 yang akan tampil di ajang tersebut bersama sang pelatih, Bima Sakti.

Dalam persiapan menyambut ajang ini, Timnas U-17 telah melakukan pemusatan latihan di Jerman. Persiapan ini utamanya adalah soal fisik dan taktik.

Selain dua persiapan itu, Timnas U-17 juga perlu melatih pengalaman dengan belajar dari satu sosok di kubu Timnas Indonesia yang pernah tampil di Piala Dunia U-17.

Sosok tersebut adalah Jordi Amat yang menjadi satu-satunya pemain Indonesia yang pernah tampil di Piala Dunia U-17. Bagaimana kisahnya?

Tampil di Piala Dunia U-17 Bersama Spanyol

Jordi Amat menjadi satu-satunya pemain Indonesia yang pernah tampil di Piala Dunia U-17 pada 2009 lalu. Saat itu, dirinya tampil bersama Spanyol.

Di bawah arahan Ginez Melendez, pemain yang kini bermain di Johor Darul Ta’zim (JDT) itu jadi andalan Timnas Spanyol U-17 di ajang yang digelar di Nigeria itu.

Jordi Amat menjadi andalan bersama nama-nama tenar di jagat sepak bola seperti Alvaro Morata, Isco, Sergi Roberto, hingga Koke pada ajang tersebut.

Di Piala Dunia U-17 2009, Jordi Amat jadi andalan Spanyol U-17 sejak babak grup. Tergabung bersama Amerika Serikat, Uni Emirat Arab, dan Malawi, ia tampil sebagai starter di lini belakang.

Dalam tiga laga di grup 5 itu, Jordi Amat mampu membawa Spanyol menyapu bersih laga dengan kemenangan dan kebobolan tiga gol. Tak ayal, negaranya saat itu lolos ke 16 besar.