Piala Dunia

Cetak Sejarah! Piala Dunia 2030 Siap Digelar di 6 Negara dan 3 Benua

Kamis, 5 Oktober 2023 05:00 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© REUTERS/Arnd Wiegmann
Ilustrasi, logo FIFA. Foto: REUTERS/Arnd Wiegmann. Copyright: © REUTERS/Arnd Wiegmann
Ilustrasi, logo FIFA. Foto: REUTERS/Arnd Wiegmann.

INDOSPORT.COM - Federasi Sepak Bola Dunia atau FIFA baru saja mengumumkan enam negara yang bakal menjadi tuan rumah gelaran Piala Dunia 2030 mendatang.

Seperti diketahui, pesta olahraga sepak bola terbesar sejagat atau Piala Dunia baru saja selesai digelar di Qatar pada 2022 lalu.

Kemudian saat ini seluruh negara tengah bersaing untuk mendapatkan tiket ke Piala Dunia 2026, termasuk Timnas Indonesia yang akan bersua Brunei Darussalam.

Piala Dunia 2026 akan digelar di tiga negara yakni Amerika Serikat, Kanada dan Meksiko. Mereka akan menjadi tuan rumah bersama untuk turnamen prestisius tersebut.

Empat tahun kemudian, tepatnya di Piala Dunia 2030, FIFA baru saja membuat gebrakan yang akan mencetak sejarah baru dalam sepak bola.

Dilansir dari The Athletic, pesta olahraga sepak bola terbesar itu nantinya akan digelar di Maroko, Spanyol, dan Portugal.

Namun, FIFA juga menambahkan tiga tuan rumah insidental yaitu Uruguay, Argentina, dan Paraguay. Nantinya ketiga negara itu menggelar tiga pertandingan pertama Piala Dunia 2030.

Keputusan ini bukan tanpa alasan, mengingat FIFA ingin memperingati 100 tahun penyelenggaraan Piala Dunia yang kali pertama digelar pada 1930 silam.

Dalam catatan sejarah, Uruguay merupakan tuan rumah Piala Dunia pertama pada 1930 silam. Kemudian Argentina merupakan finalis yang berhasil lolos ke partai puncak sebelum akhirnya dibekuk Uruguay.

Kemudian, markas Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan (CONMEBOL) ada di Paraguay. Karena hal itu, Uruguay, Argentina, dan Paraguay ditunjuk untuk menjadi tuan rumah dari tiga laga awal Piala Dunia 2030.

Hanya saja, pembukaan akan tetap diadakan di Maroko, Spanyol, atau Portugal. Hal ini membuat keenam negara yaitu Uruguay, Argentina, Paraguay, Maroko, Spanyol, dan Portugal dipastikan lolos otomatis ke Piala Dunia 2030.

Piala Dunia 2030 yang digelar di enam negara dan tiga benua bakal membuat sejarah baru dalam pesta sepak bola terbesar sejagat ini.