Timnas Indonesia

Brunei Sebut Timnas Indonesia Pakai Formasi ‘Gila’, Shin Tae-yong Beri Respons Tak Terduga

Kamis, 12 Oktober 2023 01:46 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pelatih Shin Tae-yong sebelum Timnas Indonesia menggelar official training jelang laga Pra Piala Dunia melawan Brunei Darussalam di Stadion GBK, Rabu (11/10/23). Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pelatih Shin Tae-yong sebelum Timnas Indonesia menggelar official training jelang laga Pra Piala Dunia melawan Brunei Darussalam di Stadion GBK, Rabu (11/10/23).

INDOSPORT.COM - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong kaget saat diberitahu bahwa kapten Brunei Darussalam memprediksi skuat Garuda bakal bermain dengan formasi 1-1-8.

Seperti diketahui, Timnas Indonesia akan menjamu Brunei Darussalam dalam pertandingan Pra Kualifikasi Piala Dunia 2026, Kamis (12/10/23) di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta.

Saat sesi konferensi pers, Rabu (11/10/23) di ruang media Stadion GBK, Hendra Azam yang merupakan kapten Brunei memprediksi Indonesia bermain menyerang total. Dia bahkan mengatakan bisa saja tuan rumah main dengan delapan pemain depan.

Menanggapi hal tersebut, Shin Tae-yong pun tersenyum. Dia menyebut apa yang diprediksi kapten Brunei hanyalah candaan. 

Lebih lanjut, juru taktik asal Korea Selatan itu mengingatkan Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan agar menaruh respek terhadap Brunei, dengan memberikan penampilan terbaik.

“Pemain Brunei hanya bercanda ya masalah itu. Saya pun berharap para pemain kita bisa menghargai lawan, jadi kami harus menunjukkan yang terbaik di lapangan. Terlepas dari tim kuat atau tidak, kami harus bisa melakukan permainan,” tutur Shin Tae-yong.

Shin Tae-yong mengakui, pasti ada perubahan gaya bermain dan rotasi di skuad Garuda. Tapi, tidak mungkin dia menggunakan formasi 1-1-8 atau di luar nalar. 

“Memang ada banyak perubahan posisi di laga nanti, pemain bisa main di luar posisi mereka dan kami akan coba cetak gol banyak, tapi gak sampai pakai formasi 1-1-8,” tuturnya.