In-depth

Profil Assane Diao, Bocah 18 Tahun Suksesor Mohamed Salah di Liverpool

Kamis, 12 Oktober 2023 04:16 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Winger muda Real Betis, Assane Diao. (Foto: [email protected])

INDOSPORT.COM - Klub raksasa Liga Inggris (Premier League), Liverpool, dilaporkan ingin memboyong winger muda milik Real Betis bernama Assane Diao.

Liverpool ingin mendatangkan Assane Diao di bursa transfer 2024 mendatang karena mereka kemungkinan besar bakal kehilangan Mohamed Salah.

Hal dikarenakan pemain asal Mesir tersebut mendapatkan tawaran untuk bermain di Liga Arab Saudi bersama Al Ittihad.

Tak tanggung-tanggung, Al Ittihad melayangkan penawaran kepada Liverpool senilai 215 juta pounds atau sekitar Rp4,1 triliun untuk Mohamed Salah.

Sang pemain sendiri menegaskan bahwa dirinya masih ingin bertahan di Liverpool. Namun, tak ada yang bisa menjamin jika pemain berjuluk Pangeran mesir tersebut tidak akan pindah pada bursa transfer mendatang.

Situasi ini membuat Liverpool kini disibukkan dengan upaya mendatangkan suksesor Mohamed Salah. Beberapa nama sempat mengemuka, namun sejauh ini belum ada langkah konkret dari The Reds.

Terbaru, Liverpool dikabarkan tengah mengincar winger Real Betis, Assane Diao, untuk dijadikan suksesor Mohamed Salah. Profil sang pemain juga dinilai cocok untuk bermain di Anfiled.

Assane Diao lahir di Senegal pada 7 September 2005 silam dan kini masih berusia 18 tahun. Posisi aslinya merupakan wiinger kiri, tetapi juga bisa ditempatkan di sisi kanan.

Pengalaman Assane Diao memang masih minim. Sebelum ke Real Betis, ia pertama kali menimba ilmu sepak bola di akademi Cadiz bernama Balon de Cadiz.

Pada Juli 2021, sang winger pindah ke akademi Real Betis yaitu Real Betis Balompie Youth. Karena menunjukan peningkatan performa, ia kemudian dipromosikan ke skuat U-19 setahun kemudian.

Pada Desember 2022 lalu, Assane Diao dimasukan ke Betis Deportivo dan sukses promosi ke tim utama Real Betis sejak bursa transfer musim panas 2023.

Ia menjalani laga debut sebagai pemain pengganti saat Real Betis bersua Tangers di Liga Europa pada 22 September 2023.

Karena bermain cukup memukau dari bangku cadangan, Assane Diao kemudian dijadikan starter saat Real Betis bersua tuan rumah Granada di Liga Spanyol, Jumat (29/09/23).

Tidak tanggung-tanggung, ia langsung mencetak gol sekaligus membawa Real Betis mencuri poin di kandang Granada dengan skor 1-1.

Tidak berhenti sampai di situ, Assane Diao kembali ujuk gigi saat Real Betis bersua Valencia, Senin (02/10/23).

Dalam laga itu, Assane Diao dijadikan starter menjadi winger kanan dan sukses menyumbang satu gol dalam kemenangan 3-0.

Performa gemilang itu membuat Assane Diao kemudian dijadikan starter lagi saat Real Betis menang 2-1 atas Sparta Praha di Liga Europa. Ia bahkan sukses menyumbang satu gol di menit kesembilan.

Dalam usia 18 tahun, Assane Diao kini tercatat sudah mencetak tiga gol dalam tiga pertandingan di semua kompetisi. Hal itulah yang membuat Liverpool semakin yakin dengan sang winger untuk menggantikan Mohamed Salah di masa depan.