Liga Indonesia

Kualitas 2 Pemain Asing Semen Padang Bikin Sada Sumut Kena Mental Sebelum Main

Jumat, 13 Oktober 2023 07:32 WIB
Kontributor: Aldi Aulia Anwar | Editor: Indra Citra Sena
© Aldi Aulia Anwar/INDOSPORT
Pelatih Sada Sumut FC, Suharto AD. Copyright: © Aldi Aulia Anwar/INDOSPORT
Pelatih Sada Sumut FC, Suharto AD.

INDOSPORT.COM - Sada Sumut FC menyanjung dua legiun asing dan animo penonton Semen Padang menjelang bentrok dalam lanjutan Grup 1 Liga 2 Indonesia 2023/24 di Stadion Haji Agus Salim, Jumat (13/10/23).

Pelatih Suharto AD mengaku pihaknya tak sampai menyiapkan antisipasi khusus untuk pemain tuan rumah. Dia cuma menyanjung dua legiun asing milik Semen Padang, yakni Kim Min-gyu (Korea Selatan) dan Kenneth Ikechukwu Ngowake (Nigeria).

Terlebih, Kenneth Ikechukwu Ngowake tersebut yang belakangan menjadi penyerang tersubur di Grup Pulau Sumatra berbekal torehan empat gol dari empat laga.

"Kami sudah banyak memahami Semen Padang, Kami melihat kolektivitasnya bagus, jadi tetap harus mewaspadai seluruh pemain. Jadi tidak ada siapa dia, siapa itu. Pokoknya semua pemain," tutur Suharto, dalam jumpa pers pralaga, Kamis (12/10/23).

"Kami melihat pemain asing Semen Padang lumayan bagus. Pemain Korea yang bek tengah itu juga cukup tenang mainnya. Dia bisa mengorganisir pertahanan, tapi bukan jaminan ada kebocoran. Sebab tim sekuat apa pun pasti memiliki celah."

"Striker Semen Padang yang asing itu juga lumayan bagus, tapi kami juga sudah mempersiapkan untuk dia. Kami akan maksimalkan agar ia tidak bisa berbuat apa-apa," tambahnya.

Disinggung perihal animo penonton di stadion yang diperkirakan akan kembali penuh seperti saat Semen Padang vs PSMS Medan beberapa hari lalu, Suharto tak mempermasalahkannya. Intimidasi dari suporter tuan rumah harus mereka hadapi.

"Saya rasa, saya bukan sekali dua kali bermain di Padang. Saya mulai memahami karakter suporter Semen Padang, memang itu sangat mendukung timnya sendiri, tapi mereka juga sangat sportif dengan tidak membuat onar atau masalah-masalah yang merugikan tim," ungkap Suharto.

"Saya rasa suporter Semen Padang harus diberi aplaus. Kami harapkan mereka bisa mengobarkan semangat untuk kedua tim nanti bisa nyaman melihat pertandingan yang indah," imbuh pelatih berlisensi A AFC itu.

Senada dengan Suharto, pemain Sada Sumut FC, Kevin Armedyah, turut angkat bicara perihal tingginya animo penonton yang hadir langsung ke stadion memberikan dukungan ke Semen Padang.

"Kita tahu Sada Sumut ini dulu bernama Karo United FC. Kalau dulu suporternya ada dan setelah berganti nama tidak ada suporter," ucap pemain berposisi gelandang serang itu 

"Melihat animo yang tinggi tentu itu akan menjadi motivasi lebih ya buat kami, karena bagaimana pun penonton merupakan penambah semangat para pemain," tutup eks Kevin Armedyah.