In-depth

Trofi ke-8 Messi dan Rekor AC Milan Bertahan, Catatan Menarik dari Ballon d'Or 2023

Selasa, 31 Oktober 2023 15:01 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© REUTERS/Stephanie Lecocq
Penyerang Argentina dan Inter Miami, Lionel Messi terpilih sebagai pemenang Ballon d'Or edisi 2023 pada Selasa (31/10/23). Foto: REUTERS/Stephanie Lecocq. Copyright: © REUTERS/Stephanie Lecocq
Penyerang Argentina dan Inter Miami, Lionel Messi terpilih sebagai pemenang Ballon d'Or edisi 2023 pada Selasa (31/10/23). Foto: REUTERS/Stephanie Lecocq.

INDOSPORT.COM - Penyerang Argentina dan Inter Miami, Lionel Messi terpilih sebagai pemenang Ballon d'Or edisi 2023 pada Selasa (31/10/23).

Baginya ini adalah trophi bola emas kedelapan dalam nyaris dua dekade karier di sepakbola profesional.

Messi menjaring suara terbanyak dari para perwakilan jurnalis juga manajer dan kapten tim nasional seluruh dunia untuk mengungguli dua rival utamanya yakni Erling Haaland dan Kylian Mbappe.

La Pulga dianggap pantas menjadi pemenang Ballon d'Or setelah memimpin Argentina menjadi juara Piala Dunia 2022 lalu dengan tujuh gol dan dua assist termasuk brace di partai finalnya.

Sementara itu Haaland dengan 52 gol gol dan sembilan assist plus treble winners di 2022/2023 bersama Manchester City dipaksa puas menjadi runner up saja.

Untuk Mbappe, ia mengemas 41 gol dan 10 assist musim lalu di Paris Saint-Germain juga menggendong Prancis ke final Piala Dunia 2022 berkat delapan gol plus dua assist.

Cukup banyak catatan menarik yang patut disimak setelah Ballon d'Or 2023 resmi usai. Apa saja? Berikut ulasannya.

1. Treble Winners Tak Buat City Dominan

Manchester City menjadi klub tersukses 2022/2023 dengan menyabet tiga gelar mayor sekaligus yakni Piala FA, Liga Inggris, dan Liga Champions namun tidak lantas para pemainnya mendominasi Ballon d'Or edisi kali ini.

Mereka memang mengirim enam nama (tujuh jika menghitung Ilkay Gundogan yang kini di Barcelona), namun hanya satu di antaranya yang bisa menembus tiga besar voting yakni Erling Haaland.

Kevin de Bruyne dan Rodri harus puas dengan meramaikan lima besar sementara Julian Alvarez dan Bernardo Silva menduduki kursi nomor tujuh dan sembilan.

Ruben Dias sementara itu berada di posisi dasar dari total 30 nominasi namun jelas itu sama sekali bukan hal buruk.

Manchester City tetap boleh berbangga namun mereka melewatkan kans menyamai raihan AC Milan dan Barcelona. I Rossoneri dan Los Cules hingga detik ini masih jadi duo klub saja yang mampu memonopoli tiga besar polling Ballon d'Or.