Bola Internasional

3 Fakta Final J.League Cup 2023: Beserta Prediksi, Link Live Streaming Avispa Fukuoka vs Urawa Red

Jumat, 3 November 2023 10:27 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Isman Fadil
© J.League
Skuad klub J1 League, Urawa Red Diamonds. Copyright: © J.League
Skuad klub J1 League, Urawa Red Diamonds.

INDOSPORT.COM - Ada banyak fakta unik di final J.League Cup 2023 antara Avispa Fukuoka vs Urawa Red Diamonds. Nah berikut fakta-fakta beserta prediksi dan link live streaming match tersebut.

Pada musim ini merupakan musim ke-31 gelaran J.League Cup sejak kali pertama digelar pada 1992 lalu. Dan pada laga pamungkas mempertemukan tim kuda hitam Avispa melawan tim raksasa Urawa Red.

Selain itu J.League Cup tahun ini juga menjadi gelaran terakhir dengan menggunakan babak grup, di mana musim depan akan langsung menggunakan sistem gugur dan diikuti 60 klub dari 3 divisi teratas di Jepang.

Nah, apa saja sih 3 fakta fenomenal final J.League 2023 antara Avispa Fukuoka vs Urawa Reds? Berikut ulasan dari INDOSPORT.COM:

1. Final Perdana Avispa Fukuoka

Bagi Avispa Fukuoka, laga final nanti mungkin merupakan hari terbesar dalam sejarah klub, mereka belum pernah meraih trofi bergengsi sekaligus ini jadi final kompetisi piala pertama bagi mereka.

Untuk di J.League, prestasi terbaik Avispa Fukuoka sebelumnya adalah menembus babak semifinal pada musim 2022. Pada saat itu mereka disingkirkan Sanfrecce Hiroshima dengan agregat 2-3.

Selain itu, di kompetisi format turnamen lainnya, yakni di Emperor Cup, Avispa Fukuoka juga hanya mampu menembus babak semifinal, yakni tepatnya pada musim 2023 ini. Mereka dikalahkan Kawasaki Frontale 2-4.

Dan apakah dewi fortuna akan berpihak kepada tim asuhan Shigetoshi Hasebe pada final kali ini?

2. Urawa Reds Trauma Jadi Runner-Up

Klub raksasa Urawa Reds boleh saja punya koleksi 2 gelar juara J.League Cup, yakni pada musim 2003 dan 2016. Namun ternyata, mereka lebih sering jadi runner-up ketimbang juara di J.League Cup.

Ini merupakan final ketujuh Urawa Reds di J.League Cup, namun pada musim 2002, 2004, 2011, dan 2013 tim berjuluk Setan Merah tersebut harus puas hanya menjadi runner-up.

Dari data di atas, mampukah Urawa Reds merengkuh trofi ketiga J.League Cup, atau justru menambah daftar sial mereka sebagai tim paling sering kalah di final J.League Cup?

3. Top Skor

Walaupun sulit, striker andalan dari masing-masing tim masih memiliki kans untuk meraih gelar top skor J.League Cup 2023.

Penyerang asing milik Urawa Red Diamonds, Bryan Linssen, kini sudah mencetak 3 gol.

Sedangkan dari tim Avispa Fukuoka, dua penyerang milik mereka sama-sama sudah membukukan 3 gol, yakni Reiju Tsuruno dan striker asal Brasil, Wellington.

Namun jika ingin menjadi top skor, mereka wajib mengukir 2 gol di final. Pasalnya saat ini Noriyoshi Sakai (Nagoya Grampus) Asahi Uenaka (Yokohama F. Marinos) sudah mencatat 4 gol.