In-depth

Bedah Peluang 3 Pemain Persib Tampil di Kualifikasi Piala Dunia 2026, Edo Pemanis ?

Minggu, 5 November 2023 21:39 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Arif Rahman/INDOSPORT
Timnas Indonesia memanggil tiga pemain Persib Bandung untuk persiapan babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia Grup F. Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Timnas Indonesia memanggil tiga pemain Persib Bandung untuk persiapan babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia Grup F.

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia memanggil tiga pemain Persib Bandung untuk persiapan babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia Grup F melawan Irak dan Filipina pada 16 dan 21 November mendatang.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong secara resmi memanggil 27 pemain yang akan dibawa ke babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, tiga diantaranya yakni pilar Persib Bandung, Marc Klok, Rachmat Irianto dan Edo Febriansah.

Dilansir dari laman Persib, pemanggilan tiga pemain Persib tersebut disampaikan melalui surat pemanggilan PSSI bernomor 4852/AGB/663/XI-2023.

Persib Bandung menjadi klub penyumbang pemain terbanyak, sebanyak tiga pemain. Setelahnya ada Borneo FC, Dewa United, Persis Solo, Persija Jakarta dan Persikabo 1973 yang masing-masing menyumbang dua pemain.

Para pemain diminta berkumpul di Jakarta pada 11 November mendatang dan bertolak ke Irak malam harinya. Sedangkan untuk yang bermain di luar negeri akan langsung menyusul ke Irak.

Timnas Indonesia akan terlebih dahulu akan terbang ke Basra, pada 12 November 2023 untuk persiapan menghadapi Irak pada 16 November 2023. 

Kemudian, skuad Garuda akan berangkat ke Filipina pada tanggal 17 November 2023, untuk menghadapi tuan rumah Filipina pada 21 November 2023.

Panggilan tiga pemain Persib tersebut, bukan yang pertama, pasalnya sebelumnya Marc Klok, Rachmat Irianto dan Edo Febriansah sudah sempat dipanggil untuk memperkuat Timnas Indonesia untuk Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Ketiga saat itu, dipanggil untuk memperkuat Timnas Indonesia pada pertandingan menghadapi Brunei Darussalam yang berlangsung kandang dan tandang.

Berikut ini INDOSPORT membedah peluang tiga pemain Persib tampil pada pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026, bersama Timnas Indonesia.

Marc Klok 

Gelandang Persib Bandung ini, sudah sering mendapatkan panggilan bergabung dengan Timnas Indonesia. Sehingga, Marc Klok berpeluang menjadi pilihan utama Shin Tae-yong di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Sebelumnya, pada pertandingan menghadapi Brunei Darussalam di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (12/10/23), Marc Klok, mendapatkan kepercayaan dari pelatih Shin Tae-yong untuk tampil sebagai starter. 

Bermain sejak menit pertama di Timnas Indonesia bukan yang pertama bagi pemain yang berposisi sebagai gelandang ini. Namun, jika biasanya pemain berusia 30 tahun ini sering bermain penuh 90 menit, dalam laga tersebut Marc Klok hanya mendapatkan kesempatan bermain selama 45. 

Pasalnya, di babak kedua, Shin Tae-yong melakukan perubahan komposisi pemain dengan menarik Marc Klok dan memasukkan Ricky Kambuaya.

Kemudian, pada pertandingan kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 yang tersaji di Stadion Hassanal Bolkiah, Selasa (17/10/23), Marc Klok hanya duduk di bangku cadangan.

Rachmat Irianto

Pemain berusia 24 tahun ini merupakan langganan Timnas Indonesia di bawah asuhan pelatih Shin Tae-yong, termasuk pada Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Hanya saja, pada pertandingan menghadapi Brunei Darussalam, di Stadion Utama Gelora Bung Karno, mantan pemain Persebaya Surabaya ini disimpan di bangku cadangan.

Pada leg kedua babak kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Brunei di Stadion Sultan Hassanal Bolkiah, Selasa (17/10/23). Irianto mendapatkan kesempatan bermain penuh, sehingga dia berpeluang tampil kembali di Grup F.

Edo Febriansah 

Pemain yang berposisi sebagai bek kiri ini, tidak tampil pada pertandingan babak Kualifikasi Piala Dunia 2026 menghadapi Brunei Darussalam di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (12/10/23).

Edo sendiri, sebelumnya mengalami cedera ringan saat latihan jelang pertandingan Timnas Indonesia vs Brunei.

Kemudian, pada pertandingan kedua yang berlangsung di Stadion Sultan Hassanal Bolkiah, Selasa (17/10/23), Edo kembali tidak tampil, meski begitu dia masuk dalam daftar susunan pemain (DSP).

Kali ini, namanya kembali dipanggil oleh Shin Tae-yong, untuk pertandingan menghadapi Irak dan Filipina pada 16 dan 21 November nanti. Meski, dalam laga sebelumnya tidak diturunkan, namun peluang Edo tampil di dua laga terdekat timnas Indonesia tetap terbuka.