In-depth

5 Fakta Unik Marcelo Gallardo, Pelatih Penuh Rekor Pengganti Pioli di AC Milan

Senin, 6 November 2023 05:06 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Cariverplate.com
Setidaknya ada lima fakta menarik mengenai sosok Marcelo Gallardo, pelatih calon pengganti Stefano Pioli di klub Liga Italia (Serie A), AC Milan. Copyright: © Cariverplate.com
Setidaknya ada lima fakta menarik mengenai sosok Marcelo Gallardo, pelatih calon pengganti Stefano Pioli di klub Liga Italia (Serie A), AC Milan.

INDOSPORT.COM – Setidaknya ada lima fakta menarik mengenai sosok Marcelo Gallardo, pelatih calon pengganti Stefano Pioli di klub Liga Italia (Serie A), AC Milan.

Nama Marcelo Gallardo belakangan menjadi perbincangan karena digadang-gadang akan menjadi pelatih baru AC Milan dalam waktu dekat.

Rumor ini berkembang karena manajemen AC Milan memasukkannya ke dalam target untuk menggantikan Stefano Pioli yang sewaktu-waktu bisa dipecat.

Pioli berpotensi dipecat seiring inkonsistensi penampilan klub berjuluk Rossoneri musim ini. Baru-baru ini, ia membawa timnya kalah 0-1 di kandang dari Udinese.

Lalu di Liga Champions, AC Milan tak bisa berbuat banyak di tangan Pioli hingga menjadi juru kunci grup D di belakang PSG, Dortmund, dan Newcastle United.

Karenanya, ada potensi Pioli akan dipecat dan digantikan Gallardo. Nyatanya, pelatih asal Argentina itu punya lima fakta unik dalam perjalannya. Apa saja fakta itu?

1. Dijuluki Napoleon

Marcelo Gallardo punya julukan unik selama delapan tahun melatih River Plate. Ia mendapat julukan Napoleon dari media-media ternama di Amerika Selatan.

Dilansir dari The Athletic, julukan yang diberikan untuk Gallardo adalah Napoleon, yang mengacu pada Kaisar Prancis, yakni Napoleon Bonaparte.

Julukan itu diberikan kepadanya karena ia bisa menginspirasi dan memotivasi para pemainnya. Ada pula yang menyebut julukan itu diberikan kepadanya karena postur yang mirip.

2. Disamakan dengan Maradona

Pada saat masih aktif bermain, Marcelo Gallardo ternyata disamakan oleh berbagai pihak dengan legenda sepak bola Argentina, Diego Maradona.

Persamaan keduanya terlihat saat masih muda. Kala itu, Gallardo yang berperan sebagai pemain nomor 10 dikenal punya skill mumpuni dan andal dalam mengeksekusi bola mati.

Sayangnya kiprahnya sebagai pemain tak berjalan mulus layaknya Maradona. Bedanya, Gallardo banyak berkutat dengan cedera ketimbang seniornya di Argentina itu.